Berita

Gmail Mic Drop : April Fools!

Hari ini, Jumat, 01 April 2016, mungkin Anda sedikit terkejut dan bersemangat ketika membuka akun email Anda di pagi hari, bersiap-siap menjalankan rutinitas kerja Anda sebelum berlibur di akhir pekan besok. Sebab, ketika Anda menekan tombol Compose untuk membuat email, Anda akan mendapatkan pesan notifikasi dengan gambar GIF minion nan imut mengenai fitur baru di Gmail : Gmail Mic Drop.

Gmail Mic Drop - April Fools!

Mengutip keterangan yang diberikan dari notifikasi tersebut, Gmail Mic Drop akan memungkinkan Anda untuk selalu mendapatkan ‘last word’ atau kata terakhir di setiap thread percakapan. Like a boss. Semua orang di dalam thread itu akan menerima balasan pesan Anda, lengkap dengan gambar GIF minion yang membuang mikrofon, yang menandakan bahwa Anda menggunakan fitur Gmail Mic Drop. Anda tidak akan melihat thread itu lagi. Bahkan bila orang lain membalas pesan Anda, Anda tidak akan menerimanya. Like a boss.

Fitur baru ini membuat Gmail jadi seperti layanan chatting, dimana Anda bisa dengan mudah segera ‘leave’ alias meninggalkan percakapan yang menyebalkan. Anda pasti sudah bersemangat untuk mencobanya, bukan?

Seperti fitur pencarian emoji di Google Photos tahun lalu, Gmail Mic Drop merupakan prank dari Google buat Anda di tanggal 1 April ini. Tapi, hati-hati, bukan berarti fitur tersebut tidak bakal bekerja. Serupa dengan fitur pencarian emoji yang baru saja disebutkan, sebenarnya Gmail Mic Drop sungguh berfungsi dan bisa Anda gunakan.

Jadi, hati-hati ketika Anda mengirimkan email! Gunakan tombol biru ‘Send’ untuk mengirim pesan seperti biasa, sementara tombol kuning ‘Send + Mic Drop’ untuk mengirim pesan sebagai last word. Jangan sampai Anda salah mengirimkan pesan yang penting dengan Gmail Mic Drop sehingga bos atau rekan kerja Anda membalas pesan Anda tetapi Anda tidak menerimanya. ‘Kan, kacau.

Seperti prank April Fools lain dari Google, Gmail Mic Drop merupakan fitur yang hanya bakal hadir sementara waktu, tidak permanen. Anda boleh coba sekarang sebelum nanti fitur itu menghilang. Jadi, kalau hari ini Anda menerima banyak email dengan gambar GIF minion buang-buang mik, tidak perlu heran lagi.

Selamat April Fools!