Berita

Fixstars Luncurkan SSD Terbesar di Dunia Dengan Ukuran 13 TB!

Setelah sebelumnya dihebohkan dengan kabar Sandisk luncurkan SSD 1TB tertipis di dunia, seakan tak ingin kalah bersaing, kini giliran Fixstars menunjukkan taringnya. Fixstars, perusahaan yang bergerak di bidang perangkat lunak asal Jepang – dengan bangga meluncurkan SSD terbesar di dunia, yaitu SSD-13000M berkapasitas jumbo sebesar 13 TB!

Fixstars Luncurkan SSD Terbesar di Dunia Dengan Ukuran 13 TB

Mungkin saat Anda mengetahui kabar terhangat ini, Anda langsung membayangkan ukuran SSD 13 TB yang jumbo ini. Namun jangan salah, walaupun SSD Fixstars ini berukuran 13 TB, benda satu ini tetap berukuran sama seperti SSD pada umumnya. Ukurannya tetap 2,5 inch dengan menghubungkan melalui port SATA III.

Untuk kecepatan baca/tulisnya sendiri, SSD jumbo ini mampu mencapai 580MB/s untuk speed bacanya dan 520 MB/s untuk speed tulisnya. SSD Fixstars 13000M ini juga menggunakan NAND flash milik Toshiba yang dikendalikan dengan controller dari Fixstars sendiri agar mampu menghasilkan kecepatan baca tulis yang jauh lebih cepat.

SSD berkapasitas jumbo ini lebih ditujukan kepada perusahaan besar atau pebisnis, karena kapasitasnya yang sangat besar, bahkan terbesar di dunia untuk saat ini. Perusahaan tersebut misalnya perusahaan yang fokus pada streaming atau membuat konten video, sebagai perangkat komputasi ilmiah, ataupun sebagai penyedia jasa layanan yang menyimpan cloud storage.

SSD-13000M milik Fixstars ini tidak akan dijual di toko online manapun. Jika ingin memiliknya, Anda dapat membelinya langsung melalui situs resmi mereka, ungkap Shien Zhu, juru bicara Fixstars. Zhu juga mengatakan bahwa belum ada keterangan pasti mengenai harga SSD tersebut. Akan tetapi, SSD-13000M itu diprediksi akan dijual dengan harga 13.000 USD atau sekitar 180 juta Rupiah. Harga yang sesuai dengan ukuran jumbonya.