Berita

Essential Diskon Hingga Rp 2 juta, Kurang Laku?

Essential adalah perusahaan yang didirikan oleh Andy Rubin, sang Bapak Android. Produk smartphone perdananya adalah sebuah perangkat flagship dengan spesifikasi kelas atas bernama Essential Phone. Ponsel ini memang mendapat perhatian cukup tinggi karena menjadi smartphone besutan Bapak Android pertama kalinya. Awalnya ponsel ini dibanderol seharga Rp 9,5 juta, namun sekarang sedang didiskon besar-besaran hingga Rp 2 juta sehingga banyak timbul spekulasi, apakah Essential Phone kurang laku?

Hanya dalam waktu dua bulan setelah tanggal peluncurannya pada bulan Agustus lalu, Essential Phone langsung banting harga. Smartphone buatan Bapak Android ini dikorting 200 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta sehingga harganya turun ke kelas menengah yakni kisaran 499 dollar AS atau Rp 6,8 juta.

Langkah berani Essential ini diduga kuat berkaitan dengan kinerja penjualannya yang kurang menggembirakan. Sempat tersiar laporan bahwa Essential Phone hanya laku terjual sebanya 5.000 unit saja dalam sebulan melalui operator seluler Sprint di Amerika Serikat. Namun ada pula pendapat yang mengatakan jika hal itu agar Essential Phone bisa bersaing dengan jajaran flagship lainnya seperti iPhone 8 dan Samsung Galaxy Note 8.

Namun, perusahaan Essential tampaknya punya alasan lain. Dalam sebuah post yang berisi pengumuman, vendor ini beralasan penurunan harga untuk menarik perhatian konsumen karena Essential Phone tidak diiklankan secara besar-besaran di televisi. Mereka bisa saja melancarkan kampanye TV untuk menarik perhatian, namun mereka lebih memilih dengan cara ini dapat membuat orang-orang lebih mudah membeli.

Untuk pengguna yang terlanjur membeli Essential Phone di harga 699 dollar AS, perusahaan memberikan bonus “friends and family” sebesar 200 dollar AS yang dapat dipakai untuk membeli aksesori kamera 360 derajat di toko Essential atau di depositkan untuk membeli smartphone berikutnya dari Essential. Namun sayangnya, potongan harga ini baru berlaku di negara AS saja dan termasuk varian warna hitam dan putih. Sangat diharapkan jika potongan harga ini juga hadir untuk wilayah lain.
Untuk spesifikasinya, Essential Phone dbalut dengan panel 5,71 inch yang beresolusi 2.560 x 1.312 pixel dengan rasio aspek 19:10. Perangkat ini juga dibekali bodi yang berasal dari titanium dengan perlindungan Gorilla Glass 5 pada bagian depannya dan cover belakangnya berbahan keramik.

Kemudian hal yang paling menonjol dari smartphone premium ini adalah peletakan kamera depannya yang berada di bagian tengah atas layar. Kamera dengan resolusi 8 MP itu bersampingan dengan bagian layar yang menunjukkan informasi sinyal, baterai, dan waktu. Selain itu, Andy Rubin juga sengaja menyematkan spesifikasi kelas atas pada ponsel besutannya itu.

Dapur pacunya berupa chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan 128 GB. Di bagian belakangnya terdapat kamera ganda 13 MP dan juga disokong oleh kapasitas baterai 3.040 mAh dengan sistem operasi Android terbaru. Sebagai pelengkap, Essential Phone mempunyai aksesori tambahan berupa kamera 360 derajat dan fitur wireless charging.