Seputar Tekno

Daftar CPU & GPU yang Sering Digunakan Smartphone

Dua bagian terpenting dalam kemajuan sebuah teknologi smartphone haruslah didukung dengan Central Processing Unit (CPU) dan Graphics Processing Unit (GPU). CPU maupun GPU terbaik, keduanya tidak hanya dilihat dari tampilannya saja, tetapi juga kinerjanya. Seperti yang diketahui, pabrikan smarthone berlomba membenamkan prosesor terbaik guna mendukung kinerja smartphone yang dirilisnya untuk para pencintanya. Berikut daftar CPU & GPU yang sering digunakan smartphone saat ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Fungsi CPU & GPU
– Jenis-jenis CPU & GPU
– Daftar CPU & GPU

CPU
CPU atau Central Processing Unit memiliki fungsi sebagai otak dari suatu sistem yang kualitasnya memengaruhi kinerja smartphone yang Anda miliki. Di bawah ini setidaknya ada 5 jenis CPU terbaik dan tercepat yang umum digunakan pada smartphone, antara lain:

1. Intel
Saat ini Intel menjadi prosesor terbaik dan sering digunakan sebagai paket bundling perangkat-perangkat teknologi dari produsen terkenal, sebut saja misalnya Lenovo dan Asus. CPU Intel menawarkan kinerja yang bagus. Keunggulan utama dari Intel Atom adalah adanya teknologi thread yang menjadikan dual-core seolah menjadi quad-core.

2. Snapdragon
Chipset atau SoC yang dikembangkan oleh Qualcomm paling banyak disematkan pada smartphone kelas atas. Jika kita lihat dari sisi kinerja, dukungan grafis, akses internet 4G dan konsumsi dayanya, Snapdragon lebih unggul. Jenis chipset Qualcomm yang populer adalah Snapdragon 400 dan Snapdragon 800.

3. MediaTek
Awalnya CPU MediaTek dianggap tidak mampu mengungguli Snapdragon sekalipun. Akan tetapi, dalam perkembangannya sudah bisa dikatakan sejajar. MediaTek sendiri adalah pabrikan yang fokus pada pemasaran chipset berkinerja tinggi, namun dengan harga yang terjangkau. Jenis chipset pertama dari MediaTek adalah MTK. Dikutip dari Okezone.com, Negara Nigeria menjadi satu-satunya negara dengan penggunaan smartphone yang didominasi oleh MediaTek dibanding Qualcomm.

4. Exynos
Samsung rupanya tidak hanya dikenal sebagai produsen smartphone saja, tetapi juga memiliki divisi pengembangan SoC di bawah perusahaan bernama Samsung Electronics. Exynos adalah chipset populer atau CPU produksi Samsung yang populer. Exynos umumnya disematkan pada produk kelas atas, seperti misalnya Galaxy Note 3 dan Galaxy Tab.

5. Nvidia
Nvidia adalah produsen chipset game. Seri yang paling terkenalnya ialah seri Tegra. Sebut saja diantaranya Nvidia Tegra 4i, Nvidia Tegra K1 dan Nvidia Tegra X1. Jika perangkat menjalankan game berat dengan grafis tinggi, maka sejumlah core dari Nvidia sangat efektif digunakan. Namun, ketika menjalankan aplikasi yang ringan, prosesornya hanya berjalan dengan satu core.

GPU
GPU berfungsi sebagai pengolah data grafis. Umumnya chip GPU disematkan pada smartphone terutama dengan OS Android. Jadi, perbedaan antara CPU dan GPU adalah jika inti CPU terbatas, GPU memiliki ribuan core. Kegunaannya sangat penting dalam smartphone karena dapat mengolah data grafis yang memiliki sistem 3D. Dengan demikian, penggunanya akan dimanjakan dengan ketajaman gambar. Sehingga semakin tinggi tingkatan GPU, maka harga smartphone akan semakin mahal. Di bawah ini 5 jenis GPU yang biasanya dipasang di smartphone, antara lain:

1. GPU Mali
Pada tahun 2005, 95% dari smartphone menggunakan GPU Android terbaik dari jenis GPU Mali dan sekarang mulai banyak smartphone yang menyematkannya. Seri tercepat dari GPU Mali ialah Mali T-720, namun sayangnya GPU tipe ini masih sedikit yang memakainya.

2. GPU Adreno
Adreno memiliki beberapa tingkatan, termasuk Adreno 225, Adreno 220, Adreno 205, Adreno 200, Adreno 130, Adreno 330, Adreno 320, Adreno 305, Adreno 302 dan Adreno 230.

3. GPU Tegra
GPU Android terbaik ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008. Pada saat itu, Tegra digunakan untuk media player zune HD. Dan sejak tahun 2010, Tegra mulai diinstal pada tablet, seperti Acer Tab A200 dan Galaxy Tab 10.1.

4. GPU PowerVR
GPU PowerVR adalah chip buatan Video Logis besutan Imagination Technologies. GPU PowerVR banyak ditemukan di perangkat iPod dan iPhone, misalnya iPhone 5S yang menggunakan jenis GPU PowerVR G6430.

5. GPU Video Core Broadcome
Video Core Broadcome menggunakan daya rendah untuk pengoperasiaanya. Saat ini, jenis GPU Android terbaik ini menggunakan DSP dual-dimensi, yang akan membuatnya lebih fleksibel dan efisien.

Daftar CPU & GPU Android Terbaik 2018
Menurut uji coba yang dilakukan Benchmark dengan parameter penilaian kinerja, konsumsi daya, kecepatan operasi, dan kualitas grafis, berikut daftar GPU Android terbaik dari yang tertinggi hingga terendah, antara lain:

CPU Qualcomm Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530
CPU Apple A9 dengan GPU PowerVR GT7600
CPU Exynos 8890 dengan GPU Mali T880MP12
CPU Qualcomm Snapdragon 810 dengan Adreno 510 GPU
CPU Exynos 7420 dengan GPU Mali T770MP8
CPU Apple A8 dengan GPU PowerVR GX6450
CPU Qualcomm Snapdragon 805 dengan GPU Adreno 420
CPU Kirin 950 dengan GPU Mali T880MP4
CPU Qualcomm Snapdragon 808 dengan GPU Adreno 418
CPU Qualcomm Snapdragon 652 dengan GPU Adreno 430

Demikianlah daftar CPU & GPU yang sering digunakan smartphone. Perlu diingat, kinerja smartphone tidak hanya bergantung pada CPU dan GPU-nya saja, tetapi juga dari spesifikasi RAM, hard disk, dan OS yang diusung smartphone. Karena itu, berhati-hatilah dalam membeli smartphone Sobat. Semoga bermanfaat.