Berita

Corning Ungkap Gorilla Glass 5!

Corning Inc. baru saja mengumumkan Gorilla Glass 5 dalam sebuah event di Palo Alto, California (Rabu, 20/07/2016). Seperti dikatakan oleh John Bayne selaku Vice President and General Manager Corning, perusahaan ingin melangkah lebih tinggi dari yang sudah pernah dilakukan. Pernyataan tersebut menegaskan bahwa Corning Gorilla Glass 5 lebih tangguh daripada generasi sebelumnya, yaitu Corning Gorilla Glass 4 yang rilis akhir 2014 lalu.

Corning Ungkap Gorilla Glass 5!

Gorilla Glass merupakan sejenis pelapis yang digunakan pada layar perangkat elektronik portabel, seperti smartphone, PC tablet, dan kamera digital. Pelapis tersebut dirancang dari bahan aluminosilikat alkali yang direkayasa secara khusus menjadi lembaran tipis dan ringan. Meskipun tipis dan ringan, pelapis tidak mengurangi respon sensitif terhadap layar sentuh dan mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap layar perangkat. Gorilla Glass diproduksi Corning Inc., sebuah perusahaan manufaktur yang berbasis di Amerika Serikat.

Pelapis anti gores, anti pecah, dan tahan banting tersebut akan digunakan dalam layar perangkat mobile dengan menawarkan perlindungan lebih maksimal jika terjadi kerusakan secara tidak sengaja. Daya tahannya telah ditingkatkan sampai 80% yang tetap tampil prima sekalipun terjatuh dari ketinggian 5.2 kaki atau 1.6 meter. Pembaruan ini menjadikan Gorilla Glass 5 dapat bertahan empat kali lipat lebih baik daripada produk-produk sejenis yang tersedia saat ini. Tidak hanya unggul dalam kekuatan, Gorilla Glass 5 terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.

Berdasarkan sebuah penelitian global di 11 negara, lebih dari 85% pemilik smartphone menjatuhkan smartphone mereka secara tidak sengaja sebanyak satu kali dalam setahun. Kemudian 55% lainnya menjatuhkannya tiga kali atau lebih dalam setahun. Dilaporkan bahwa 60% pemilik smartphone menjatuhkannya dengan ketinggian dari bahu atau pinggang ke permukaan tanah. Namun saat ini, kegiatan selfie membuat ketinggian jatuh perlu ditingkatkan sebab smartphone diposisikan sampai di atas telinga orang dewasa. John Bayne mengatakan bahwa perusahaan perlu meningkatkan rasa aman kepada pemilik smartphone.

Secara umum, pelapis Corning Gorilla Glass telah digunakan lebih dari 4.5 juta perangkat di dunia. Corning Gorilla Glass biasa digunakan pada smartphone flagship atau menengah ke atas. Untuk sampai ke tangan pengguna, Corning Gorilla Glass 5 masih butuh waktu karena rencananya mulai dirilis ke pasar menjelang akhir 2016. Sejumlah produk yang dikabarkan menggunakan pelapis anti pecah tersebut antara lain iPhone 7 dan atau iPhone 8. Sebab selama ini, Corning telah menjadi mitra kerja Apple.