Tutorial

Cara Merotasi Posisi Video yang Miring Saat Diputar

Pernahkah Anda merekam sebuah video dan pada saat ingin melihatnya di laptop atau komputer, hasil rekaman tadi ternyata terbalik. Pasti Anda akan merasa kesulitan untuk melihatnya. Tapi jangan khawatir, karena pada postingan kali ini kita akan membahas cara mudah untuk memutar/merotasi atau membalik video yang miring saat di play. Tidak hanya untuk video hasil rekaman saja, namun bisa juga untuk video yang Anda download dari YouTube.

Cara Merotasi Posisi Video yang Miring Saat Diputar

Mengingat tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk mendapatkan video yang terbalik saat diputar. Tidak mungkin Anda harus ikut membalik laptop atau komputer saat Anda menontonnya. Begitu juga dengan posisi Anda saat menonton, tentu tidak akan nyaman jika harus mengikuti tampilan video yang terbalik itu.

Berikut langkah-langkah untuk memutar/merotasi video yang miring saat diputar.

Menggunakan VLC Player
1. Untuk melakukan rotasi video, baiknya anda memutar video melalui VLC player.
2. Buka video dengan VLC, kemudian klik kanan pada area VLC dan pilihlah “tool” lalu “effects and filter”. Jika ingin shortcutnya, bisa tekan CTRL + C pada keyboard Anda.
3. Selanjutnya, pilih “Video Effect”, lalu pilih “geometry”.
4. Disini Anda dapat dengan leluasa memutar serta mengatur posisi video sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Misalnya, pada menu “transform”, Anda dapat memutar video dengan arah yang telah ditentukan misal 180 derajat, maka letak posisi video pun akan berubah. Sedangkan pada menu “rotate”, Anda dapat dengan bebas memutar video kearah mana saja baik kiri ataupun kanan.

Menggunakan Video Rotator
Jika Anda ingin memutar video dengan program khusus untuk merotasi video miring. Berikut langkah-langkahnya :
– Pertama, Anda wajib mendownload video rotator (program yang dibuat khusus untuk merotate video). Install hingga selesai.
– Klik “add files” dan pilih video dari komputer atau laptop lalu “open”.
– Selanjutnya, Anda bisa memilih rotasi sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda juga dapat memilih format apa yang akan menjadi hasil outputnya nanti. Anda tinggal klik untuk memprosesnya.
– Selesai.

Semoga bermanfaat!