Tips & Trik

Cara Mengatasi Tombol Volume Android Tidak Berfungsi

Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini telah menggunakan smartphone Android untuk memenuhi kebutuhan digital sehari-hari. Pengoperasiannya yang mudah dan juga tersedia berbagai jenis variasi, mulai dari merk, spesifikasi, hingga harga yang dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Namun sayangnya, seringkali ponsel Android mengalami masalah atau kendala fisik yang bisa menganggu kenyamanan penggunanya.

Cara Mengatasi Tombol Volume Android Tidak Berfungsi

Pada Android, memang sering terdapat komponen atau bagian smartphone yang mudah rusak sehingga penggunanya beranggapan ponsel sudah tidak dapat dipakai lagi dan mereka pun membeli ponsel baru. Komponen tersebut adalah layar smartphone, tombol home, Port Charger, tombol power dan Volume.

Tombol volume merupakan salah satu komponen yang memiliki peran pada smartphone. Namun komponen inilah yang sering menjadi masalah. Misalnya, volume dapat membesar atau mengecil dengan sendirinya dan tidak ada sama sekali suara yang dihasilkan. Apabila tombol volume Android tidak berfungsi lagi, maka Anda dapat mengatasinya tanpa harus menggunakan tombolnya secara langsung. Penasaran bagaimana cara mengatasi tombol volume Android tidak berfungsi? Silahkan simak informasi berikut ini:

1. Install Aplikasi Volume ChopCUT
Cara yang pertama ialah mengunduh aplikasi pihak ketiga yang bernama ChopCUT. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengontrol tingkat suara pada bar notifikasi. Terdapat 4 fitur utama di dalamnya yaitu Extented Notification, Basic Notification, Floating Equalizer, dan Floating Widget.

2. Membongkar Smartphone
Cara kedua ini hanya untuk seseorang yang berani untuk mengotak-atik ponselnya dengan cara membongkar. Terlebih lagi jika Anda membongkar ponsel dalam waktu masih garansi, maka garansi tersebut akan hangus. Berikut cara-caranya membongkar smartphone untuk mengatasi tombol volume yang tak berfungsi:
· Bukalah casing ponsel dengan obeng.
· Buka plat konduktor untuk tombol volume yang ada pada sisi ponsel denga menggunakan cutter atau obeng tipis.
· Setelah itu, periksa lempengan plat metal tersebut. Biasanya terdapat penyebab tombol rusak seperti kotoran atau kerak, karatan, lempengan tidak pada posisi yang tepat, atau ada sambungan yang terputus.
· Jika sudah menemukan penyebabnya dan telah diperbaiki, pasang kembali plat dengan lem pada tepian lempengan.
· Tutup kembali casing dan nyalakan ponsel Anda.
· Kini, tombol volume pun sudah bisa digunakan.