Tips & Trik

Cara Mengaktifkan 4G pada Perangkat Samsung

Mengubah koneksi internet dari 3G ke 4G pada smartphone, memang menjadi hal yang paling banyak dicari oleh para pengguna ponsel pintar. Dengan mengaktifkan jaringan 4G, Sobat Gaptex dapat mengakses internet dengan cepat dan kencang. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengaktifkan 4G pada perangkat Samsung karena masyarakat Indonesia banyak sekali memakai ponsel dari vendor Korea Selatan tersebut.

Setelah sebelumnya kami telah memberitahukan tips setting Android agar jaringan 4G tetap stabil, maka sekarang kami ingin menjabarkan informasi dasar mengenaicara mengaktifkan jaringan internet tercepat di Indonesia saat ini.

Sebelum Anda mengaktifkan 4G di Samsung, perlu kami beritahukan jika smartphone Samsung yang dapat diaktivasi 4GB ialah series Galaxy J, Galaxy Note, Galaxy S, yang di dalamnya sudah di support oleh koneksi internet 4G. Untuk mengetahui cara mengaktifkannya, Anda dapat membaca penjelasannya di bawah ini:

1. Download dan Install 4G Switcher
Langkah pertama untuk mengubah jaringan 2G atau 3G ke 4G pada perangkat Samsung, maka Anda perlu menyiapkan dulu kartu perdana 4G dari beberapa operator di Indonesia. Anda bisa bebas memilihnya. Kemudian, Anda dapat mengunduh aplikasi 4G switcher di Google Play Store.

2. Aktivasi Jaringan Nirkabel di Smartphone
Apabila sudah diinstall, maka tahap selanjutnya ialah masuk ke menu settings lalu Anda akan melihat menu pilihan pengembang. Jika menu ini tidak ada, maka silahkan masuk pada menu tentang perangkat dipengaturan ponsel Samsung Anda. Kemudian, Anda cari pilihan nomor seri dan klik tiga kali secepatnya, sehingga menu pilihan pengembang akan muncul.

Setelah itu, Anda bisa masuk pada menu pilihan pengembang. Untuk mengaktifkan 4G, Anda dapat menggeser ikon hijau. Terakhir, scroll ke bawah untuk mengaktifkan opsi otoritas perangkat tampilan nirkabel.

3. Mengaktifkan Jaringan 4G LTE
Setelah Anda berhasil mengaktifkan pilihan menu otoritas perangkat tampilan nirkabel, maka Anda bisa membuka 4G Switcher dan silahkan ubah pengaturan GS Only/WCDMA hingga berubah menjadi LTE Only. Selesai. Perangkat Samsung Anda kini sudah terkonfigurasi dengan 4G LTE.