Tips & TrikTutorial

Cara Mendownload Video Dari LINE Menggunakan UC Browser

Seperti yang telah kita ketahui bahwa LINE merupakan layanan obrolan (chatting) atau bisa juga dikatakan sosial media yang cukup populer saat ini. LINE menjadi layanan chat yang memudahkan penggunanya dalam berbagi gambar, video, berbicara lewat video call dan masih banyak lagi. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mendownload video dari LINE menggunakan UC browser yang bisa Anda ketahui.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang LINE
– Tentang UC Browser
– Cara mendownload video dari LINE menggunakan UC Browser

Tidak hanya pengguna ponsel Android, karena ada banyak perangkat lain yang bisa menggunakan layanan LINE seperti iPhone, Blackberry, bahkan perangkat komputer juga bisa menggunakan LINE dengan bantuan emulator Android. Pengguna LINE pasti sudah tahu bahwa jika ada teman LINE yang membagikan atau berbagi video di obrolan, baik itu obrolan pribadi, multichat atau grup, untuk menyimpan video itu sangat mudah karena terdapat fitur tombol unduh di bagian bawah layar.

Namun sayangnya fitur unduhan tidak berfungsi di timeline pengguna LINE, jadi jika ada video yang bagus di timeline kita hanya bisa menontonnya atau dapat mengakalinya dengan menggunakan aplikasi lain. Namun cara tersebut agak rumit dan akan membuat memori ponsel semakin menipis. Fitur LINE Timeline berfungsi untuk memfasilitasi pengguna LINE dapat berbagi apapun mulai dari tulisan, gambar, hingga video yang dapat dilihat oleh pengguna LINE yang lain. Fitur ini juga memiliki pilihan ‘emoticon’ dan ‘komentar’ yang dapat ditanggapi oleh pengguna LINE yang lain.

Cara mendownload video dari LINE menggunakan UC Browser bisa dengan mudah pengguna lakukan. Dikutip dari Merdeka.com, saat ini lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia menjelajahi internet menggunakan UC Browser setiap harinya.

Mengenal UC browser menjadi salah satu kebutuhan untuk memudahkan penggunanya ketika menjelajah internet. Bahkan terdapat beberapa keuntungan pengguna yang menggunakan UC browser, antara lain:

1. Menghemat kuota internet
2. Tampilan yang dinamis
3. Speed internet lebih cepat
4. Mengunduh tanpa putus
5. Memblok iklan yang berbahaya
6. Dapat menscreenshoot halaman
7. Dan masih banyak lagi

Langkah Pertama: Tambah Add-ons Video Downloader pada UC Browser

1. Jika Anda sudah menginstal UC browser, langkah selanjutnya adalah menambahkan Add-ons khusus yaitu Video Downloader. Cara yang sama seperti menginstal aplikasi biasa.

2. Ketika file selesai diunduh biasanya akan muncul notifikasi, langsung saja buka file add-onsnya. Di halaman pertama, klik Continue, setelah itu pada halaman kedua pilih Next.

3. Setelah itu proses installing akan berjalan, tunggu saja sampai proses selesai. Setelah selesai, ketuk Done. Dan sekarang Video Downloader siap digunakan.

Langkah Kedua: Download Video LINE dari UC Browser

Untuk mengunduh video LINE menggunakan UC browser, maka Anda harus membuka LINE Timeline di UC Browser dengan cara berikut ini:

1. Buka aplikasi browser UC dan masukkan alamat https://timeline.line.me/. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman beranda, pilih Login. Selanjutnya masukkan alamat email dan kata sandi Anda, lalu ketuk Login.

2. Kemudian Anda berada di halaman LINE Timeline. Carilah video yang ingin Anda unduh. Jika Anda menemukan video yang menarik dan ingin Anda unduh, ketuk ikon play dan tunggu videonya berjalan.

3. Jika videonya sudah selesai berjalan maka Anda akan melihat ikon panah ke bawah, ketuk ikon tersebut untuk mendownload videonya. Untuk melihat proses download, ketuk ikon menu yang ada di bagian tengah bawah, lalu pilih unduhan.

4. Tunggu proses download-an selesai, dan video akan secara otomatis terseimpan ke dalam penyimpanan video Anda. Videonya akan berada di folder UC Downloads yaa.

Selain menggunakan UC Browser, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Root Explorer, berikut caranya:

1. Pastikan ponsel Android Anda terinstal aplikasi Explorer. Jika belum silahkan unduh terlebih dahulu melalui Google Play Store

2. Jika aplikasi Explorer sudah terinstal di ponsel Android Anda. Buka aplikasi LINE dan putar video yang ingin Anda unduh (ingat harus diputar sampai habis)

3. Jika sudah, langkah selanjutnya Anda bisa keluar dari aplikasi LINE dan buka aplikasi Explorer. Masukkan ke folder SDcard internal atau eksternal. Kemudian tekan dan tahan file yang terbaru dan size yang paling besar

4. Selanjutnya pilih rename file atau ganti nama file dan silakan ubah format file-nya ke .mp4

5. Selesai, coba cek di galeri ponsel Anda dan pastikan video tersebut ada. Jika tidak, silakan pindahkan file lagi .mp4 ke folder lain dan biasanya video sudah muncul di galeri.

Dengan menggunakan Add-ons ini Anda tidak hanya dapat mengunduh video dari LINE Timeline saja, tetapi juga dari semua situs. Add-ons ini akan mendeteksi setiap video yang ada di browser dan Anda dapat mengunduhnya dengan mengetuk ikon download yang ada di videonya. Begitulah caranya mengunduh video dari LINE menggunakan UC Browser. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mengunduh video dari LINE Timeline. Selamat mencoba dan semoga berhasil.