Tips & Trik

Tips Memilih Smartphone Dengan Kamera Terbaik

Fitur kamera pada smatphone dapat dibilang suatu hal yang wajib diperhatikan jika Anda ingin membeli sebuah ponsel. Apalagi jika Anda penggemar fotografi dan selfie, pastinya Anda akan melihat bagaimana kualitas kamera ponsel yang ingin dibeli pertama kali. Pada dasarnya, memilih smartphone yang kualitas kameranya bagus itu tidaklah sulit, asal Anda tahu apa saja yang harus diperhatikan. Yang paling penting dari semuanya dan yang paling menentukan kualitas kamera adalah ukuran sensor gambar kamera tersebut.

Cara Memilih Smartphone Dengan Kamera Terbaik

Semakin berkembangnya zaman serba canggih ini, bermunculan perangkat smartphone yang menawarkan kamera bagus dengan resolusi kamera yang besar. Namun, Anda sebagai konsumen tetap harus waspada karena pasalnya banyak ponsel yang menjanjikan kamera bagus tapi nyatanya masih jauh dari harapan. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips tepat mengenai cara memilih smartphone dengan kamera terbaik seperti dibawah ini:

1. Sensor Kamera
Satu hal yang terpenting untuk Anda perhatikan adalah masalah sensor kamera yang disematkan pada perangkat smartphone tersebut. Jika smartphone yang memiliki sensor kamera besar maka dipastikan bahwa gambar yang dihasilkan akan bagus. Sebaliknya, jika sensor yang dimilikinya kecil maka hasil bidikan foto juga tak akan bagus. Sebagai contoh kamera ponsel yang memiliki sensor gambar 1/2.6 atau 1/2.3 inci adalah Sony Xperia Z, Samsung Galaxy S5, Nokia Lumia 1020, dan untuk sensor 1/3-1/3.2 inch misalnya pada iPhone 5, HTC One dan Nexus 5.

2. Resolusi gambar/ Megapixel (MP)
Setelah sensor, resolusi kamera juga penting. Semakin banyak pixel sebuah gambar maka semakin banyak pula detail yang bisa ditangkap oleh kamera. Biasanya sensor gambar yang berukuran besar akan memiliki resolusi yang besar pula. Contohnya pada kamera utama Sony Xperia Z1 yang memiliki resolusi 20 MP dan Nokia Lumia 1020 yang memiliki resolusi 41 MP. Semakin kecil ukuran pixel maka detail gambar juga kemungkinan gambarnya akan pecah.

3. Lensa
Umumnya, lensa yang terpasang pada kamera bersifat fix lebar yang artinya tidak dapat di zoom secara optik sehingga antara smartphone yang satu dengan yang lain relatif sama. Yang jelas, dari lensa kamera adalah nilai f atau bukaannya. Semakin kecil angka f, maka semakin bagus, artinya bukaanya semakin besar sehingga makin banyak cahaya yang masuk saat membidik foto.

4. Fitur Stabilization
Pada fitur stabilization di lensa atau pada kamera penting untuk membidik foto saat kondisi low light atau saat merekam video. Jika tidak, getaran tangan yang dapat membuat foto blur atau shake.

5. Manual Exposure Control
Kamera yang memungkinkan Anda mengganti setting aperture, shutter speed dan ISO secara manual pastinya akan lebih menyenangkan dan membuka peluang untuk memotret lebih aktif. Sebagian kamera ponsel berkualitas rendah biasanya hanya dapat mode auto dan sebagian hanya memungkinkan pengguna menyetel satu/dua dari parameter exposure misalnya pada Sony Xperia Z.

6. Lampu LED Flash
Kamera smartphone tanpa lampu LED Flash akan menghasilkan gambar kurang jelas apalagi saat pencahayaan kurang. Cahaya dari kamera dapat membantu lensa dan sensor gambaruntuk mengambil jepretan yang terlihat jelas saat cahaya flash berkedip. Untuk itu, pilihlah smartphone yang memiliki fitur Flashlight pada spesifikasi kameranya.