Seputar Tekno

Cara Membersihkan Adware System Healer

Browser Anda terinfeksi System Healer? Ia memuat iklan di atas gambar, sembarangan membuat link di berbagai halaman, dan mengubah URL halaman menjadi link yang menampilkan iklan pop-up? Bahkan ketika Anda sudah mengosongkan cache serta segala data dari browser, hingga menginstal ulang aplikasi tersebut, adware satu ini masih awet bertahan mengganggu hidup Anda.

Cara Membersihkan Adware System Healer

System Healer merupakan jenis adware super menyebalkan yang banyak menyerang browser-browser populer seperti Internet Explorer dan Chrome. Begitu System Healer terinstal di PC Anda, ia akan membuat segunung kupon komersial, penawaran, banner, dan iklan pop-up untuk mengganggu aktivitas browsing Anda.

Sering kali, System Healer “diselipkan” dalam bundle software yang Anda download, sehingga ketika Anda menginstal software tersebut, System Healer akan ikut terinstal. System Healer banyak diselipkan pada program-program gratisan dan download manager.

Selain sangat mengganggu dengan iklan-iklannya, juga sangat menghambat produktivitas, adware ini berbahaya karena memungkinkan pihak tak bertanggung jawab untuk memperoleh akses ke sistem komputer dari jarak jauh. Mereka bisa memata-matai dan merekam aktivitas Anda di komputer, hingga mendapatkan informasi penting seperti data-data pribadi hingga password. Beberapa kopian System Healer bisa terinstal di sebuah komputer sekaligus, sehingga tindak pembersihan yang tidak sempurna tidak akan membantu Anda.

Cara Penanganan
Cara terbaik untuk membersihkan adware ini tentu saja dengan mengandalkan program antivirus. Lakukan scan ke seluruh sektor komputer dan bersihkan semua threat yang terdeteksi. Akan tetapi, ada kalanya program antivirus tidak dapat menangani adware ini, entah karena Anda jarang melakukan pembaruan sehingga program antivirus tidak dapat mengenali System Healer, atau karena program antivirus Anda sudah dimodifikasi dan dirusak oleh malware lain.

Jika demikian, maka Anda perlu melakukan penanganan secara manual. Anda bisa meminta bantuan tenaga profesional untuk melakukannya, tetapi jangan buru-buru melakukan instal ulang sistem operasi komputer. Berikut cara membersihkan adware System Healer.

1. Restart komputer, lalu ketika booting tekan tombol F8.
Dengan tombol panah di keyboard, pilih Safe Mode With Networking dan tekan Enter.

Cara Membersihkan Adware System Healer 1

2. Buka task manager Anda, lalu matikan semua proses yang berhubungan dengan System Healer.
Membuka task manager : (CTRL + ALT + DEL pada Windows XP, sementara di Windows 7 tekan CTRL + ALT + DEL lalu klik Task Manager)

Cara Membersihkan Adware System Healer 2

3. Buka Control Panel.
Ada dua hal yang perlu Anda lakukan disini :
– Pertama, ubah pengaturan agar menampilkan file dan folder yang tersembunyi (Folder Options, Show Hidden Files And Folders).
– Kedua, pilih Programs And Features. Di daftar program yang muncul, cari program yang berhubungan dengan System Healer, lalu klik kanan dan uninstal.

Cara Membersihkan Adware System Healer 3

4. Buka jendela Registry.
Jika tidak ketemu, jalankan program Run (Windows + R), ketik “regedit” dan tekan Enter. Di jendela Registry, lakukan pencarian file registry yang berhubungan dengan System Healer dan hapus semua bila masih ada yang ditemukan.

Misal :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\MATS\WindowsInstaller\{EAF386F0-7205-40F2-8DA6-1BABEEFCBE89}\2014.07.30.07.52.18]
“ProductName”=”System Healer”
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Tracing\Muvic_RASAPI32]
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Tracing\Muvic_RASMANCS]
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall\{EAF386F0-7205-40F2-8DA6-1BABEEFCBE89}]
“DisplayName”=”System Healer”
[HKEY_USERS\S-1-5-21-3825580999-3780825030-779906692-1001\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall\{50f25211-852e-4d10-b6f5-50b1338a9271}]
“DisplayName”=”System Healer”

5. Hapus semua file dan folder yang berhubungan dengan System Healer.
Terakhir, lakukan pencarian file dan folder yang berhubungan dengan System Healer di sistem komputer Anda. Hapus semua yang ditemukan.

Setelah beres, ingatlah untuk memperbarui atau menginstal ulang antivirus, dan hanya men-download aplikasi dari sumber resmi.

Semoga bermanfaat!