Seputar TeknoTips & Trik

Cara Backup Dan Restore Chat WhatsApp di Google Drive

Whatsapp selalu menghadirkan dan meningkatkan fitur-fiturnya untuk membuat para pengguna whatsapp selalu merasa nyaman dan betah menggunakan aplikasi populer yang satu ini. Dan kini ada pula fitur yang tersedia pada whatsapp yaitu pilihan untuk Anda dapat backup dan restore chat di Google Drive. Dan tahukah Anda, fitur ini dapat mempermudah Anda saat mengganti atau membeli ponsel baru, maka dari itu kami siapkan cara backup dan restore chat whatsapp di Google Drive. Simak cara dibawah ini.

Bagi pengguna ponsel, whatsapp menjadi media komunikasi atau media chatting untuk mempermudah dalam berkomunikasi bersama keluarga dan juga rekan. Penggunaannya yang mudah dan disajikan dengan fitur yang menarik membuat banyak pengguna memilih aplikasi ini sebagai aplikasi favorit yang digunakan dan tidak mengenal batasan usia untuk menikmati aplikasi whatsapp. Jika sebelumnya kami telah merangkum salah satu fitur whatsapp yakni cara mengembalikan pesan terhapus di whatsapp. Beragam fitur-fitur whatsapp dan kini whatsapp pun mendatangkan fitur whatsapp untuk backup (menyimpan cadangan) dan restore (memulihkan cadangan) chat di Google Drive, membuat riwayat percakapan atau pesan percakapan Anda bisa ditransfer pada Google Drive.

Anda Anda dapat mencadangkan data whatsapp Anda dengan menggunakan Google Drive, sehingga jika Anda menukar telepon atau membeli ponsel Android baru, riwayat chat Anda dapat ditransfer. Kami menyarankan agar Anda menghubungkan ponsel ke jaringan WiFi sebelum mencadangkan chat whatsapp ke Google Drive, karena ukuran file cadangan bervariasi yang dapat mengonsumsi data seluler, sehingga menyebabkan biaya tambahan saat mentransfernya.

Cara Backup dan Restore Chat Whatsapp di Google Drive
Namun sebelumnya, perlu Anda ketahui untuk menggunakan cadangan Google Drive Anda harus memiliki akun Google yang aktif pada ponsel Anda. Aplikasi layanan Google Play dari Google Play terpasang di ponsel Anda. Cukupkan ruang pada akun Google Drive untuk pesan dan media WhatsApp, termasuk juga foto, video, pesan suara, dan file audio serta perangkat ponsel Anda harus memiliki ruag penyimpanan yang cukup untuk membuat backup file. Dan juga saat mengembalikan atau restore nanti, Anda harus menginstal ulang aplikasi whatsapp dan juga dengan nomor whatsapp yang sama seperti sebelumnya.

Cara Backup Chat WhatsApp
1. Buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp di smartphone Anda, lalu pilih menu settings atau pengaturan, lalu chats & calls dan pilih chat backup.
2. Hubungkan akun whatsapp dengan Google Drive dengan cara pilih pilihan Backup to Google Drive. Kemudian tentukan interval backup yang Anda diinginkan dengan pilihan harian, mingguan atau bulanan, setelah Anda pilih akan muncul pop up untuk memilih akun Google dan pilihlah akun Google yang ingin Anda gunakan. Namun, jika Anda tidak memiliki akun Google, pilih pilihan Tambahkan akun saat diminta dan ingat akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan.
3. Jika pada bagian Account sudah muncul username Google Anda berarti proses menghubungkan Google Drive ke WhatsApp telah berhasil.
4. Untuk melakukan backup manual Anda bisa pilih tombol backup. Ketuk cadangkan untuk memulai pencadangan ke Google Drive. Proses ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat.

Catatan untuk Anda, sebelum melakukan backup pastikan koneksi internet dalam keadaan normal dan jika perlu hapus beberapa percakapan atau media yang Anda anggap tidak terlalu penting agar file backup tidak terlalu besar agar proses mentransfer akan lebih cepat. Dan penting bahwa media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end whatsapp ketika berada di Google Drive.

Cara Restore Chat WhatsApps
Setelah Anda backup chat kemudian akan merestorenya, kami siapkan caranya di bawah ini :

1. Hapus aplikasi whatsapp kemudian install ulang atau jika tidak ingin repot hapus pengaturan melalui menu Settings lalu Application Manager, kemudian cari whatsapp dan pilih Clear Data sehingga nomor telepon Anda akan terhapus.
2. Buka aplikasi whatsapp kemudian lakukan pendaftaran akun baru lagi dengan menggunakan nomor ponsel yang sama dengan sebelumnya.
3. Akan ada sms yang di kirim berisikan kode verifikasi masuk dan lakukan verifikasi, kemudian setelah itu akan muncul opsi untuk restore percakapan
4. Setelah proses pemulihan selesai, ketuk lanjut dan pesan Anda akan ditampilkan setelah melewati proses inisialisasi.
5. Setelah memulihkan pesan Anda
6. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu proses restore selesai.

Itulah cara backup dan restore chat whatsapp di Google Drive, semoga artikel ini dapat membantu Anda yang tidak ingin repot dan kehilangan riwayat percakapan yang ada di ponsel sebelumnya, dan juga dengan ini Anda bisa dengan mudah menyalin riwayat percakapan ke ponsel baru yang Anda miliki. Selamat mencoba!