Berita

Asus Zenfone Terbaru Akan Gunakan Chipset MediaTek?

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, pasokan pertama dari chipset terbaru besutan Qualcomm yaitu Snapdragon 835 sepenuhnya digunakan untuk smartphone Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Bahkan vendor asal China, Xiaomi juga menggunakan chipset tersebut untuk smartphone flagship buatannya, yang membuat brand Xiaomi menjadi produsen Tiongkok pertama yang mengusung chipset tangguh itu.

Asus Zenfone Terbaru Akan Gunakan Chipset MediaTek

Samsung dan Xiaomi berhasil mengamankan pasokan chipset powerfull tersebut karena skala ekonomi yang jauh lebih besar sekaligus kedekatan mereka dengan perusahaan Qualcomm. Oleh karena itu, tentunya produsen lain terpaksa harus menunggu atau menggunakan chipset buatan vendor lain bila ingin segera merilis smartphone flagship terbarunya. Bahkan perusahaan asal Korea Selatan yakni LG, terpaksa harus menggunakan chipset Snapdragon 821 pada smartphone paling anyar mereka LG G6. Kemudian, salah satu perusahaan yang harus menunggu giliran chipset Qualcomm Snapdragon 835 adalah Asus. Namun sepertinya, mereka terpaksa harus menggunakan chipset MediaTek lagi untuk ZenFone generasi selanjutnya.

Jika Asus tetap ingin menunggu pasokan dari Qualcomm, maka vendor asal Taipei tersebut setidaknya akan mendapat pasokan Snapdragon 835 pada bulan Juni atau Juli untuk merilis perangkat ponsel flagship miliknya. Kalaupun benar, maka perilisan smartphone anyar dari Asus akan bersamaan dengan perilisan iPhone generasi terbaru yang pastinya akan mempengaruhi penjualan karena persaingan ponsel yang begitu ketat.

Selain Snapdragon 835, sebenarnya Asus masih memiliki pilihan untuk memakai Snapdragon 821. Namun pilihan tersebut tidak mungkin di ambil sebab mereka akan menggunakan teknologi yang lebih lawas untuk Zenfone generasi terbaru. Karena itulah, pilihan lainnya Asus harus beralih ke MediaTek untuk memperoleh pasokan chipset untuk teknologi anyar mereka. Hanya kemungkinan ini yang tersedia karena Intel, yang dulunya bekerja sama dengan Asus, sudah tak membuat prosesor ponsel lagi.

MediaTek sendiri baru saja merekrut Rick Tsai, yaitu seorang mantan CEO Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang sebelumnya akrab dengan para petinggi Asus. Keberadaan Tsai di MediaTek tentunya menjadi daya tarik tambahan dan jembatan kerja sama dengan Asus.