Seputar Tekno

Apa itu Virtual Machine

Mungkin istilah Virtual Machine sudah tidak asing lagi di telinga Sobat Gaptex, apalagi jika Anda adalah seorang Geek, pastinya sudah mengetahui apa itu Virtual Machine dan bagaimana cara menggunakannya. Namun tidak sedikit pula orang yang belum mengetahui pengertian istilah tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara rinci mengenai Virtual Machine.

Apa itu Virtual Machine

Virtual Machine atau mesin virtual pertama kali di definisikan oleh Gerald J. Popek dan Robert P. Goldberg di tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Di zaman sekarang ini, Virtual Machine dapat mensimulasikan perangkat keras mesikpun tidak ada hardware aslinya sama sekali. Misalnya adalah program yang ditulis dalam bahasa Java akan dilayani oleh JVM atau Java Virtual Machine.

Selain itu, Virtual Machine bisa dikatakan sebagai software yang membantu Anda untuk menciptakan komputer virtual dengan sistem operasi virtual dan hardware virtual. Jadi, Virtual Machine hampir sama dengan akun guest yang Anda miliki di sebuah PC atau laptop. Namun, dengan adanya mesin virtual, Anda jadi tidak perlu berpindah-pindah akun namun hanya membutuhkan software tambahan seperti VMware dan Virtual Box.

Kedua software tersebut gratis di download dan sering digunakan oleh pengguna Windows, walaupun dari OS sendiri, Windows telah memiliki software Virtual Machine buatan sendiri seperti Windows Virtual PC pada Windows 7 atau Hyper-V Virtual Machine manager pada Windows 8 Pro. Setelah Anda memiliki salah satu software Virtual Machine, Anda jadi dapat membuat spesifikasi komputer virtual yang di inginkan seperti RAM, prosesor, Network Adapter dan lainlain, namun terbatas dengan spesifikasi PC asli yang Anda miliki.

Beberapa kegunaan dari Virtual Machine sendiri pada umumnya adalah untuk mencoba sistem operasi yang baru, untuk mengetes software, untuk mengetes software yang beda sistem operasi dan untuk mengubah software khusus untuk sistem operasi lama. Contohnya jika Anda sudah terlanjur memakai Windows 7 yang telah terisi data-data penting tetapi Anda membutuhkan software yang hanya bisa di install di Windows XP, maka Anda bisa memakai software Virtual Machine.