Seputar Tekno

Apa itu MOOC?

MOOC merupakan singkatan dari Massive Open Online Course yang berarti sebuah sistem pembelajaran berupa kursus secara online besar-besaran dan terbuka untuk siapa saja dengan tujuan agar pengguna dunia maya berpartisipasi dalam bidang pembelajaran tak terbatas dan dapat di akses melalui web. Selain menyediakan materi kursus tradisional contohnya video, teks dan pembahasan masalah, MOOC juga memberikan forum pengguna interaktif yang membantu mahasiswa, dosen atau asisten pengajar untuk membangun komunitas baru.

Apa itu MOOC

MOOC juga sering disebut sebagai perkembangan terbaru dalam hal pendidikan jarak jauh (e-Learning). Meskipun pada awalnya MOOC menekankan fitur akses terbuka seperti open content, namun struktur dan tujuan pembelajaran yang berguna sebagai ajang promosi, mendaur ulang dan remixing sumber daya. MOOC berasal dari program kuliah universitas biasa, yang dibuat sama dengan acara kursus online sehingga jumlah peserta yang berpartisipasi pun semakin banyak.

Walaupun pembelajaran berlaku pada skala yang lebih besar, namun tanggung jawab penuh terletak pada pelajar. Tidak ada tekanan apapun untuk menghadiri forum-forum, ikut serta berdiskusi, berhubungan dengan guru pengajaran, menyalurkan pendapat dan sebagainya. Konsep yang ingin diterapkan dari MOOC ini adalah untuk menuntut Anda lebih banyak membaca dan juga berinterkasi dengan orang-orang yang berasal dari dalam negeri bahkan diluar negeri.

Selain itu, MOOC dikhususkan untuk orang-orang yang mencari ilmu tambahan dengan mengisi waktu luang mereka. Sistem belajar ini juga bukan untuk pelajar pasif karena ia melibatkan penciptaan kandungan aktif, yang terkadang boleh menjadi forum huru-hara. Sebagai peserta, Anda perlu berupaya untuk mengawal diri sendiri dan menciptakan suasana pembelajaran mereka. MOOC bisa dikatakan sebagai konsep yang semakin populer dengan lebih banyak peluang untuk belajar dan belajar.

Melalui MOOC, Anda dapat mengakses pembelajaran dimana saja dan kapan saja. Pengguna bisa belajar materi-materi penting melalui media online. Materi akademis seperti cyber law sampai materi mengenai life-style dapat di akses oleh masyarakat umum secara bebas dan gratis. Dengan konsep kursus online ini juga Anda bisa mendapatkan informasi yang baru dan yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.