BloggingSeputar Tekno

Apa itu Domain dan Hosting?

Domain dan hosting adalah kombinasi mutlak yang dibutuhkan untuk membuat website seperti Gaptex dan jutaan website lainnya. Tanpa salah satunya, maka website tak akan pernah bisa dibuat dan diakses melalui internet. Untuk memahami definisi dan cara kerja domain dan hosting secara mendalam, Anda harus mengenal fungsi dan peranan masing-masing.

Apa itu Domain dan Hosting

Domain
Secara sederhana, domain adalah ‘alamat’ yang berwujud nama diakhiri dengan ektensi yang tersedia. Domain terdiri dari huruf, angka, tanda – atau kombinasi dari ketiganya. Sebuah nama domain bersifat unik sehingga tidak ada dua domain yang sama. Lebih lengkap, simak pengertian domain.

Berikut beberapa jenis domain :
– Domain berbayar dengan ekstensi TLD (topleveldomain) populer seperti .com, .net, .org, .biz, .co dan lain sebagainya. Atau ekstensi negara seperti .co.id, .us, .asia, .cn dan lain sebagainya. Seluruh domain ini dapat diregistrasi dan dibeli melalui perusahaan yang menjadi reseller.
– Domain gratisan. Tak banyak domain gratisan yang bisa ditemukan, beberapa diantaranya adalah .tk, .co.cc, .uni.cc. Sementara itu, Anda juga bisa memperoleh sub-domain gratisan yang cukup banyak tersedia seperti x.blogspot, x.hubpages, x.tumblr, x.wordpress, simak daftar layanan blog gratis disini.

Hosting
Jika domain adalah ‘alamat’, maka hosting adalah ruang penyimpanan yang berisi file-file, halaman, gambar dan konten lainnya yang muncul ketika sebuah domain sedang diakses. Hosting kerap disebut sebagai web hosting dengan berbagai jenis yang dapat dipilih (simak : jenis-jenis hosting).

Sama halnya dengan domain, tak semua hosting berbayar karena ada juga beberapa penyedia hosting gratis, terutama untuk layanan blog gratis yang menyediakan domain (atau subdomain) beserta hostingnya secara cuma-cuma.

Web hosting merupakan layanan yang memiliki kompetisi dan permintaan cukup besar. Ini adalah bisnis yang cukup besar di layanan internet dengan tingkat persaingan luar biasa hebat. Agar tak kecele dan kecewa di kemudian hari, Anda harus mempertimbangkan pilihan yang tepat sebelum membeli (lihat Alasan Membeli Web Hosting Luar Negri).

Jika ingin lebih mudah, Anda juga bisa menyimak daftar 5 hosting luar negri terbaik yang pernah kami review sebelumnya.

Domain + Hosting = Website
Jika kebutuhan Anda hanyalah untuk membuat sebuah website, maka Anda hanya perlu megetahui prinsip kerja domain dan hosting secara mendasar saja. Berbeda halnya jika Anda ingin menjadi teknisi hosting secara professional.

Mayoritas layanan web hosting biasanya menjual domain+hosting dalam 1 paket pembelian untuk memudahkan penggunaannya. Jika harus dibeli terpisah pun, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan untuk ‘menghubungkan’ keduanya hanyalah Domain Name Server (DNS) saja.

Selanjutnya, Anda bisa meletakkan dan membuat apa saja melalui web hosting, bisa dijadikan laman blog, profile pribadi, website, toko online, forum, dan banyak lainnya sesuai kebutuhan.

Semoga mencerahkan!