Seputar Tekno

Apa itu Browser Cache?

Pasti Anda sering mendengar istilah cache yang sering di ucapkan oleh para ahli IT saat ada masalah ketika melakukan browsing. Mereka sering menyuruh untuk bersihkan browser cache di komputer Anda dan diikuti dengan hapus juga cookies yang ada. Namun apakah Anda sudah tahu apa arti cache itu sendiri dan kenapa harus dibersihkan? Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih jauh mengenai browser cache.

Apa itu Browser Cache

Apa itu Browser Cache?
Browser cache merupakan lokasi penyimpanan sementara di komputer Anda untuk menampung berbagai macam file yang di download oleh browser ketika menampilkan sebuah website. Memang jika Anda mengaktifkan cache membuat akses halaman yang pernah dituju sebelumnya sangatlah cepat, bahkan terkadang Anda hanya perlu mengetik huruf awalnya saja. Dengan begitu, dapat di simpulkan cache merupakan elemen yang sangar penting jika Anda hanya memiliki koneksi internet yang lambat.

Namun, semakin lama cache yang tersimpan di komputer Anda juga akan semakin bertambah sehingga memakan kapasitas hard drive. Apalagi jika cache tersebut berasal dari websute yang tidak pernah Anda kunjungi lagi. Walaupun kapasitas cache dapat kita atur tapi ada baiknya bila Anda membersihkan cache tersebut secara berkala. Fungsinya selain untuk menghindarkan berbagai masalah yang mungkin terjadi, juga dapat mempercepat kinerja hard drive Anda.

Menghapus browser cache juga untuk memperbaiki:
• Halaman yang beku atau tidak selesai memuat
• Halaman kadaluwarsa dengan konten lama
• Aplikasi online yang tidak merespon