BeritaSeputar Tekno

Antara Indosat dan Bekasi

Entah apa yang ada dalam benak para tim kreatif Indosat ketika membuat iklan “Liburan ke Aussie lebih mudah dibanding ke Bekasi” yang belakangan menuai banyak kontroversi dan protes dari warga Bekasi. Iklan tersebut dianggap mengolok sekaligus menghina kota Bekasi.

Bekasi sendiri beberapa bulan lalu memang sempat juga menjadi bahan olokkan pengguna sosial media di tanah air. Disebutkan beberapa hal buruk mengenai Bekasi secara spontan dan alami dengan gambar-gambar lucu (meme) yang sarat dengan guyon dan kritik. Masalahnya ‘penghinaan’ tersebut berlangsung tanpa direncanakan dan menjadi trending topik sosial yang alami, berbeda dengan Indosat yang membuat konsep ‘penghinaan’ dengan terencana.

Berikut gambar iklan olok-olok Indosat :

Antara Indosat dan Bekasi

Aksi Protes
Masyarakat Bekasi yang merasa tersinggung secara serempak melakukan aksi mematahkan kartu sim Indosat sebagai simbol penolakan terhadap iklan yang berisikan olok-olok kepada kota tempat mereka bernaung. Bahkan beberapa elemen sudah melaporkan iklan tersebut ke polisi dan rencananya akan menggelar aksi protes dalam waktu dekat.

Bos Indosat Minta Maaf
Di tempat terpisah, bos Indosat Alexander Rusli buru-buru menarik iklan dan meminta maaf sebesar-besarnya kepada warga Bekasi atas konten yang dianggap berisi penghinaan. Dalam rilis permohonan maaf yang dikeluarkan, dikatakan bahwa Indosat tidak pernah bermaksud untuk menyinggung pihak mana pun.

Lebih lanjut, Indosat mengklaim telah menghargai berbagai masukan dan saran yang masuk dari masyarakat setelah membuat warga Bekasi tersinggung dengan olok-olok iklan tersebut. Di akhir rilis tersebut, disebutkan bahwa Indosat sangat membuka diri akan dialog dan pertemuan dengan komunitas masyarakat Bekasi untuk membahas masalah ini dalam kesempatan pertama.