Seputar Tekno

7 Smartphone Android yang Paling Ditunggu Tahun 2018

Tahun 2018 menjadi tahun yang diperkirakan akan ramai kedatangan smartphone-smartphone canggih. Para raksasa teknologi seperti Samsung, Google, Apple, LG, Xiaomi, dan sebagainya dikabarkan akan merilis smartphone flagship mereka di tahun ini. Chipset Qualcomm Snapdragon 845 disebut-sebut akan hadir di banyak perangkat tersebut. Langsung saja, mari simak 7 smartphone Android yang paling ditunggu tahun 2018 berikut ini.

1. Xiaomi Mi Mix 3
Xiaomi perlahan mulai berkembang di luar Asia dan berencana merilis smartphone mereka ke wilayah Amerika Serikat. Dan sepertinya Mi Mix 3 akan menjadi yang pertama tiba di Amerika, yang kabarnya akan dirilis pada tahun 2018 ini. Seri Mi Mix sendiri merupakan smartphone pertama dari Xiaomi yang menggunakan layar desain penuh dengan bezel-less (tanpa panel). Versi terbaru yang sudah diluncurkan sebelumnya yaitu Xiaomi Mi Mix 2 telah berhasil dipasarkan di Asia dan Eropa, dan diharapkan bisa menyempurnakan ketiga seri-seri pendahulunya.

2. Samsung Galaxy S9
Samsung memiliki deretan smartphone yang sangat populer dimasyarakat dunia. Maka dari itu, pabrikan asal Korea Selatan ini berencana akan meluncurkan series Galaxy S9, S9+ dan Note 9, yang diprediksi menjadi smartphone terbaru dari Samsung pada tahun 2018. Rumor mengatakan jika S9 akan disertai sensor sidik jari di bagian bawah layar. Selain itu, Samsung nampaknya menjawab kritikan terhadap posisi sensor sidik jari pada S8 dan Note 8 yang kurang pas. Selain itu, S9 juga diharapkan bisa mengalami peningkatan kinerja yang signifikan.

3. Sony Xperia XZ Premium 2
Sony telah meluncurkan Xperia XZ Premium pada 2017 tahun lalu. Smartphone ini menjadi smartphone pertama dengan resolusi layar sebesar 4K, meski ukuran layarnya hanya 5,5 inci. Agak membingungkan memang, mengingat ukuran layar ‘sekecil’ itu semestinya mengadopsi resolusi Full HD atau Quad HD. Rumor mengatakan jika Sony akan mengembangkan Xperia XZ Premium ke arah yang lebih baik lagi. Bisa jadi, Sony akan menanamkan layar bezel-less pada seri penerus pada 2018 ini.

4. Nokia 9
HMD Global menghadirkan kembali merek Nokia di tahun 2017. Meski begitu, perusahaan asal Finlandia ini gagal bersinar dengan Nokia 8 yang mereka rilis pada bulan September tahun itu. Oleh karena itu, di tahun 2018, banyak yang menduga bahwa Nokia bisa menciptakan kelebihan tersendiri agar bisa kembali berjaya seperti masanya zaman dulu. Dari sekian banyak fitur, sektor kamera diklaim paling banyak diperhatikan dari Nokia 9. Kabarnya, Nokia akan menanamkan kamera bertenaga optik Zeiss.

5. LG V40
Secara khsuus, LG V30 dipandang sebagai standar baru smartphone dalam segi desain dan finishing yang sangat baik. Sayangnya, smartphone ini tidak disertai dengan performa kamera dan UI yang bagus. Kemungkinan besar, LG akan merilis dua smartphone baru di tahun 2018 ini yang berarti LG G7 diharapkan hadir di musim semi dan LG V40 diperkirakan agak terlambat di musim gugur mengingat proses pengembangan baru dimulai.

6. Google Pixel 3
Seri Piksel dari Google sangat pintar menarik penggemar Android. Smartphone ini merupakan penerus dari Nexus, dengan desain yang lebih premium dan kamera yang luar biasa. Pada tahun 2018, Google diperkirakan akan segera merilis Pixel 3. Seri terbaru ini tampaknya akan memperbaiki beberapa masalah yang cukup serius seperti di layar yang terasa biasa-biasa saja. Selain itu, optimalisasi daya tahan baterai dan kamera juga diharapkan pada andalan unggulan Google ini. Kabarnya, saat musim gugur tahun ini merupakan saat yang tepat untuk merilis Pixel 3 ke pasaran global.

7. OnePlus 6
OnePlus adalah perusahaan teknologi yang kini berusia 4 tahun. Meski masih terbilang ‘muda’, sebenarnya OnePlus mampu melakukan terobosan luar biasa dengan OnePlus 5 yang dirilis pada 2017 tahun. Smartphone ini dirancang dan dibangun dengan baik, sehingga berkinerja snagat cepat. OnePlus juga dijuluki sebagai flagship killer yang berarti ia mampu menciptakan smartphone flagship namun harga yang cukup murah. Dan semua itu dikombinasikan dengan Oksigen OS, yang bersih dan menyenangkan. Pada 2018 ini, OnePlus kemungkinan akan merilis OnePlus 6 dengan sektor fotografi sebagai fokus utama.

Itulah 7 smartphone Android paling canggih yang paling ditunggu tahun 2018 ini. Semua smartphone di atas belum memiliki tanggal rilis yang pasti, kecuali Samsung Galaxy S9 yang kabarnya akan hadir saat MWC 2018 di Barcelona bulan Februari mendatang. Namun, kemungkinan smartphone-smartphone tersebut akan rilis tahun ini, mengingat sebagian besar perusahaan teknologi menggunakan sistem rilis tahunan. Dari jumlah 7 smartphone, mana yang paling Anda inginkan?