Application

6 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Video Time Lapse

Untuk Anda yang suka fotografi dan videografi, pastinya sudah terbiasa dengan istilah time lapse. Video time lapse adalah sebuah video yang dihasilkan dengan menggabungkan gambar yang diambil dari sudut yang sama secara berurutan selama periode waktu tertentu sehingga menghasilkan video yang keren dan menarik untuk ditonton. Berikut 6 aplikasi terbaik untuk membuat video time lapse yang bisa di download melalui Android Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tujuan pembuatan video time lapse
– Tips membuat video time lapse
– 6 aplikasi terbaik untuk membuat video time lapse

Tujuan pembuatan video time lapse adalah merekam pergerakan atau perubahan objek yang terjadi secara lambat, tetapi bisa dilihat dalam waktu singkat. Misalnya, proses metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu, pergerakan awan di langit, suasana kota, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat video time lapse sendiri dengan ponsel Android Anda, itu bisa jadi asalkan memperhatikan beberapa tips di bawah ini terlebih dahulu:

Perencanaan
Perencanaan adalah awal yang paling penting sebelum mulai membuat video time lapse. Tentukan tema, objek, lokasi, dan durasi video time lapse Anda dengan baik.

Pastikan baterai sudah penuh
Isi penuh daya baterai smartphone Anda atau tetap colokan smartphone ke powerbank jika Anda membutuhkan durasi yang lebih lama.

Gunakan tripod
Tripod akan menjaga posisi smartphone Anda tetap berada dalam posisinya dalam waktu yang lama, sehingga tidak salah jika tripod dipilih menjadi senjata paling penting dalam pembuatan video time lapse.

Pilih angle terbaik
Selama proses perekaman, Anda tidak lagi dapat mengubah posisi kamera smartphone ke arah lain. Bahkan, sebisa mungkin jangan sentuh smartphone Anda. Jadi, pilih angle kamera terbaik yang bisa Anda dapatkan. Lebih lama untuk menemukan angle yang tepat, tetapi jangan kehilangan momentum yang ingin diambil. (Baca Juga: Cara Merotasi Posisi Video yang Miring Saat Diputar)

Pengaturan umum kamera dan fokus
Sesuaikan resolusi kamera, filter, ISO, white balance, exposure, dan lain sebagainya dengan pengaturan optimal sesuai kebutuhan. Fokus kamera juga harus sangat akurat.

Selain tips di atas, untuk membuat video time lapse yang keren tentu saja Anda memerlukan aplikasi kamera khusus untuk membuat video time lapse. Maka di bawah ini kami jabarkan 6 aplikasi terbaik untuk membuat video time lapse, antara lain:

1. Time Lapse Video Recorder
Aplikasi Time Lapse Video Recorder memiliki tampilan yang sederhana, tetapi fiturnya banyak dan lengkap. Anda dapat melakukan banyak pengaturan seperti resolusi, durasi, rotasi, interval, frame rate, dan lain sebagainya. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang sudah mulai ahli dalam membuat video time lapse.

2. Lapse It Time Lapse Camera
Aplikasi Lapse It Time Lapse Camera adalah sebuah aplikasi kamera video time lapse yang sangat populer. Pengaturannya juga cukup mudah dan memiliki banyak fitur untuk membuat video time lapse Anda menjadi lebih bagus. Luapkan kreativitas yang Anda miliki dengan aplikasi Lapse It Time Lapse Camera ini.

3. Time Movie
Time Movie sepertinya ditujukan untuk yang lebih profesional. Dikutip dari OkeZone.com, ada pengaturan lebih rinci seperti kualitas video, resolusi, dan efek cermin. Ketika video selesai direkam, pengguna dapat memainkannya dalam kecepatan lambat dan bahkan menambahkan lagu.

4. Microsoft Hyperlapse Mobile
Aplikasi yang dibuat oleh Microsoft Corporation ini dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan video yang Anda buat. Salah satu fitur unggulan yang ditawarkannya adalah kehalusan gerakan dalam video time lapse yang Anda buat. Sehingga gerakannya tidak akan terlihat aneh atau kaku. Selain itu, Microsoft Hyperlapse memiliki fitur untuk mempersingkat klip video yang terlalu panjang dan dapat dibagikan ke jejaring sosial.

5. Time Lapse
Dari namanya saja sudah jelas apakah aplikasi ini berfungsi untuk video time lapse. Aplikasi ini cocok untuk digunakan di smartphone seri Sony Xperia, dan mampu mendukung resolusi video 4K. Aplikasi Time Lapse adalah sebuah aplikasi video time lapse pertama yang mendukung video 4K. Jika Anda memiliki smartphone seri Sony Xperia, maka coba ekspresikan kreativitas Anda bersama aplikasi Time Lapse ini.

6. Framelapse – Time Lapse Camera
Framelapse – Time Lapse Camera merupakan salah satu aplikasi pembuatan video time lapse terbaik di Android yang dapat Anda gunakan pada smartphone Anda. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, dan menghasilkan video dengan format mp4 berkualitas tinggi yang dapat diputar di perangkat apa saja.

Selain itu, aplikasi Framelapse – Time Lapse Camera memiliki pengaturan mulai dari 0,1 detik hingga 60 detik. Pengguna juga dapat mengatur resolusi video sesuai keinginannya dan menawarkan keunggulan dari pembuatan video time lapse dengan mudah. Namun, sayangnya Framelapse – Time Lapse Camera ini tidak dapat digunakan pada perangkat Android dengan prosesor MediaTek.

Itulah 6 aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat video time lapse terbaik. Download salah satu dari 6 aplikasi tersebut di Play Store sehingga Anda dapat dengan mudah membuat karya videografi yang mengesankan. Semoga bermanfaat.