Seputar Tekno

5 Software Terbaik Untuk Editing Video

Pekerjaan editing video bukanlah suatu perkara yang mudah. Sering kali, kita harus mengolah suatu video dengan akurasi hingga sepersekian detik dan menambahkan beragam macam efek audio dan visual. Hal ini menjadi berkali-kali lipat lebih membingungkan jika kita tidak familiar dengan lingkungan kerja software yang hendak kita gunakan. Padahal, pada umumnya software yang tergolong sebagai special purpose application seperti video editor memiliki learning curve yang tinggi alias butuh proses pembelajaran yang intensif.

Lantas, bagaimana jika kita harus segera menyelesaikan suatu pekerjaan yang membutuhkan software video editing? Tenang, berikut ini telah kami pilihkan 5 software editing video terbaik, dari yang paling beginner-friendly hingga yang dilengkapi dengan fitur terkomplit.

1. Windows Movie Maker

Software Terbaik Untuk Editing VideoSoftware yang satu ini pasti sudah sangat sering kita dengar. Windows Movie Maker merupakan software video editing yang sederhana dan sangat mudah dipelajari untuk digunakan. Anda dapat menggabungkan beberapa video, memberi efek transisi, dan menambahkan soundtrack dengan mudah. Windows Movie Maker gratis. Cocok digunakan untuk pengolahan file-file video dan film dokumenter sederhana, tetapi fitur yang tersedia sangat terbatas, sehingga untuk pengolahan video dengan kompleksitas yang lebih tinggi maka sebaiknya Anda menggunakan software dengan fitur yang lebih lengkap.

2. VideoPad

Software Terbaik Untuk Editing Video 1VideoPad Video Editor merupakan salah satu software video editing yang juga tergolong mudah dipelajari dan memiliki fitur-fitur yang lebih memadai. Versi gratis VideoPad tidak memiliki batas waktu penggunaan, walau membatasi penggunaan beberapa fitur serta format output yang dapat dipilih. Namun hal itu tidak menjadi penghalang dan software ini tetap saja cukup powerful untuk pengolahan yang lebih kompleks dari sekadar penggabungan beberapa file video. Meski bagi para expert fitur-fitur pada VideoPad masih terlalu standar, software ini cocok digunakan untuk pemula video editing yang hendak mengerjakan proyek profesional pertamanya.

3. Corel VideoStudio

Software Terbaik Untuk Editing Video 2Corel sudah sangat dikenal dalam industri berbagai macam software. Software video editor keluaran Corel satu ini tergolong cukup sederhana dan mudah digunakan. Corel VideoStudio juga dilengkapi dengan beberapa advanced tools sehingga cocok digunakan baik oleh pemula maupun profesional.

4. MAGIX Movie Edit Pro

Software Terbaik Untuk Editing Video 3MAGIX Movie Edit Pro memiliki fitur yang memungkinkan peletakkan file media dengan format apapun pada track manapun sehingga amat praktis dan fleksibel dalam penggunaannya. Software ini dilengkapi dengan fitur yang lebih beragam yang dapat diunduh sesuai kebutuhan. Lebih cocok digunakan oleh pemula yang telah mulai mengenal pengoperasian software video editor dan profesional.

5. CyberLink PowerDirector

Software Terbaik Untuk Editing Video 4CyberLink PowerDirector merupakan software video editing unggulan. Memiliki kecepatan rendering tertinggi, interface yang baik, dan berbagai fitur profesional seperti motion tracking, multicam editing, serta mendukung format 3D dan 4K video. CyberLink PowerDirector juga dilengkapi dengan simple-editing mode untuk pengolahan video sederhana. Cocok digunakan baik oleh pemula maupun profesional.

Semoga bermanfaat.