Seputar Tekno

5 Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Dapat Terhubung

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini pengguna smartphone Android pasti sudah tak asing dengan koneksi internet melalui WiFi, apalagi di area publik. Alasannya saat terhubung dengan WiFi, Anda dapat menghemat kuota internet dari operator yang dimiliki. Namun, saat menyambungkan WiFi di area publik, Anda perlu berhati-hati karena tak semuanya WiFi bersifat aman. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips aman memakai hotspot WiFi Umum yang telah kami terangkan sebelumnya.

Di Indonesia, beberapa tempat tidak segan untuk menawarkan jaringan WiFi dengan koneksi internet yang terbilang cukup kencang. Oleh karena itu, kebanyakan pengguna smartphone lebih memilih terkoneksi dengan WiFi daripada menggunakan layanan seluler sendiri.

Namun di balik itu, koneksi internet tanpa WiFi bukannya tanpa masalah. Banyak pula pengguna Android yang mengeluhkan smartphone-nya karena tiba-tiba tidak bisa terhubung dengan WiFi. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, apalagi jika pengguna mengandalkan WiFi tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, berikut ini 5 cara mengatasi WiFi Android tidak dapat terhubung:

1. Periksa Koneksi Jaringan
Langkah awal untuk mengetahui masalah pada koneksi WiFi yaitu memastikan fitur tersebut aktif. Karena tidak jarang Anda lupa untuk menyalakannya atau mematikan fitur ini secara tidak sengaja. Pengaturan lain yang harus diperiksa ialah modus pesawat. Saat fitur ini aktif, maka secara otomatis WiFi akan dimatikan sehingga smartphone tidak bisa terhubung ke internet.

2. Pastikan Nama Router dan Password Tepat
Penyebab lainnya yang membuat smartphone Android tidak bisa terhubung dengan WiFi adalah koneksi jaringan yang salah. Maka dari itu, selalu pastikan perangkat Anda sudah terhubung dengan jaringan yang seharusnya ada di wilayah tersebut.

Jika Anda pengguna Mobile WiFi (MiFi), pastikan ponsel telah terhubung dengan benar, mengingat tidak jarang pengguna lainnya memakai nama yang sama. Setelah terhubung dengan router yang tepat, pastikan juga apakah jaringan itu bebas password atau tidak. Karena itu, selalu konfirmasi penggunaan password ke penyedia layanan WiFi tersebut

3. Restart Perangkat atau Router
Jika kedua cara di atas tidak berhasil, maka coba restart perangkat Anda. Bagi Anda yang mengandalkan jaringan sendiri, cara ini juga berlaku untuk router. Walaupun terlihat sederhana, cara ini terbilang ampuh untuk menyelesaikan masalah di berbagai perangkat.

4. Hapus Jaringan yang Terdeteksi
Apabila nyatanya keempat cara tidak berhasil juga, maka cobalah untuk menghapus jaringan yang ingin dihubungkan. Kemudian, Anda bisa mencoba menghubungkannya kembali. Untuk melakukannya, Anda cukup mengklik jaringan yang ingin dihapus lalu pilih ‘Forget’. Jika ingin terhubung lagi dengan jaringan itu, maka Anda perlu menyambungkannya lagi dari awal.

5. Lakukan Factory Reset
Cara ini ialah cara terakhir karena bisa menghapus seluruh data yang ada dalam perangkat. Disisi lain, cara ini patut dicoba karena bisa menghapus bug yang mungkin terdapat dalam software. Untuk itu, sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah mencadangkan file penting yang ada dalam smartphone.