Seputar Tekno

5 Aplikasi Menggambar Digital di Android

Bagi Sobat Gaptex yang gemar menggambar, maka pembahasan pada artikel kali ini sangat cocok untuk Anda karena kami akan memberitahukan 5 aplikasi menggambar digital di Android. Mau apa saja merk tablet atau smartphone Android yang digunakan, sekarang Anda bisa melakukan apa saja yang berkaitan dengan aktivitas digital, salah satunya adalah menggambar.

Apabila Anda telah berinvestasi membeli perangkat smartphone atau tablet yang dilengkapi dengan stylus pen, pastinya Anda akan memanfaatkan alat ini untuk menggambar bukan? Oleh karena itu, berikut ini beberapa aplikasi khusus untuk menggambar digital di Android dengan menggunakan stylus pen sebagai alat bantunya.

1. Autodesk SketchBook
Autodesk SketchBook adalah aplikasi gambar yang dibuat untuk semua orang agar bisa membuat sketsa bagian dari rutinitas harian mereka. Aplikasi ini termasuk aplikasi untuk kreator profesional, seniman, dan siapa saja yang suka menggambar. Dengan SketchBook, menggambar dan melukis bukanlah masalah yang rumit, bahkan bisa jadi menyenangkan. Rasanya seperti pengalaman kreatif alami, sedekat pensil, pena, spidol, dan sikat sebagai alat digital.

SketchBook termasuk aplikasi yang sangat mudah dijalankan dengan pensil dan selembar kertas putih. Keluarkan perangkat Anda, buka kanvas, dan biarkan kreativitas Anda mengalir. SketchBook memiliki mesin sikat yang kuat, dengan lebih dari 140 sikat preset (atau kombinasi kuas khusus yang tak terbatas) yang bekerja persis seperti yang Anda harapkan. Tinta terasa cair dan halus, sikat sintetis menyatukan warna dengan cara alami, dan sikat tekstur meniru media alami.

Setiap piksel antarmuka dibuat agar tidak mengganggu Anda dan membuat Anda tetap berada di zona kreatif. Bekerja dengan lapisan tak terbatas, ukuran undo/redo, autosave, dan kanvas tidak terbatas hingga 10.000 x 10.000 piksel. Anda juga akan mendapatkan setiap fitur baru, setiap pembaruan, setiap alat, dan kemampuan untuk menggunakan SketchBook pada perangkat manapun selama Anda aktif menggunakannya. Selain itu, bagi Anda yang sering mengandalkan Illustrator, kemungkinan besar akan menyukai aplikasi menggambar ini.

2. Bamboo Paper
Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk membuat gambar di perangkat Android. Anda bisa menggunakan pilihan enam pena dan sikat ekspresif untuk menulis, membuat sketsa, mewarnai, dan memberi tanda. Teknologi Universal Ink dari Wacom ini akan memberi Anda pengalaman menggambar dan menulis terbaik yang tersedia di tablet Android tanpa kehilangan kualitas atau kemampuan untuk mengeditnya.

Dengan fitur Inkspace, perangkat Anda secara otomatis akandisinkronkan ke Wacom Cloud. Fitur Wacom Cloud baru ini juga memungkinkan Anda melihat dan berbagi semua notebook Bamboo Paper Anda dari web browser manapun melalui portal web Inkspace. Anda juga dapat mengekspor dan membagikan karya Anda ke berbagai layanan awan dan media sosial lainnya (Dropbox, Evernote, Tumblr, Twitter, Facebook, dan lainnya).

3. Painter Mobile
Painter Mobile adalah sebuah aplikasi yang mirip dengan program Paint untuk Windows. Di aplikasi ini, layar perangkat Anda akan berubah menjadi kanvas kosong tempat Anda bisa mengekspresikan semua imajinasi dan membuat gambar hebat yang dibuat dengan tangan menggunakan alat bantu agar mampu menghasilkan deretan garis dan sapuan kuas yang berbeda.

Jendela alat ini menyediakan semua jenis pensil dan sikat dengan berbagai ketebalan, alat pewarnaan untuk penyalinan warna, dan penghapus. Untuk memilih, Anda tinggal membuka menu dan klik pada pilihan yang Anda inginkan. Ada lebih dari 70 sikat Natural-Media dan Blender di antara banyak alat yang tersedia.

Seiring dengan alat dasar ini, Anda akan melihat palet dengan jutaan warna berbeda dan Anda dapat menentukan warna yang Anda sukai atau membuat warna Anda sendiri dengan menggabungkan pigmen yang berbeda.

Selain membuat gambar sederhana, Painter Mobile menawarkan fitur lain untuk menghasilkan sweeping yang lebih profesional. Misalnya, Anda dapat memutar atau merotasikan sikat, dan juga memperbesar atau memperkecil usapan pada skala yang berbeda. Anda pun dapat membuat garis melengkung atau terbalik dari garis tertentu, dan Anda juga dapat menggunakan hingga 15 lapisan dan memasukkan gambar dari kamera Anda atau dari pencarian gambar Google.

Lebih hebatnya lagi, Anda dapat mengatur ulang dan memindahkan kanvas dengan mudah, cukup menggunakan jari Anda untuk membuat pengalaman gambar lebih nyaman. Anda juga dapat menentukan fungsi pada langkah-langkah tertentu untuk menghemat waktu. Semua gambar dapat disimpan dalam JPEG dan dikirim ke Corel Painter langsung dari aplikasi ini untuk menyesuaikan resolusi menjadi 1024 x 1024 piksel.

4. ArtFlow: Paint Draw Sketchbook
Konversikan tablet atau telepon Anda ke dalam buku sketsa digital dengan lebih dari 80 sikat cat, noda, alat pengisi dan penghapus. Aplikasi lukisan dan gambar yang cepat dan intuitif ini akan membuka kekuatan penuh imajinasi Anda. Dengan dukungan untuk pena yang sensitif tekanan (seperti Samsung S Pen), perangkat Anda akan diubah sebuah menjadi kanvas nyata.

Beberapa fitur di dalam aplikasi ArtFlow adalah:
• Berkinerja tinggi (GPU accelerated)
• 80+ sikat dan alat (termasuk alat noda dan gradien)
• Penyesuaian warna (HSV, brightness & saturation dan lainnya)
• Infinite undo dan redo
• Sampai 16-32 lapisan dengan 11 mode blending yang berbeda dan opacity global
• Kanvas beresolusi tinggi, hingga 2048×2048, 2560×2560 atau 4096×4096
• Aliran terpisah (ujung alfa) dan opacity (stroke) untuk kuas
• Aliran non-inkremental
• Desain material terinspirasi, cepat, lancar, intuitif dan mudah diakses
• Ekspor ke PSD (gambar Photoshop), PNG atau JPEG
• Impor gambar dari galeri atau langsung dari kamera
• Impor PSD (Photoshop image)
• Simulasi tekanan untuk sentuhan
• Modus gambar simetri yang dapat dikonfigurasi
• Bentuk geometris (garis, persegi panjang, oval) dan pemandu (garis, oval, fokal, halus)
• Sistem shortcut tepi aktif
• Dukungan NVIDIA DirectStylus

5. How to Draw Cartoons
How to Draw Cartoons adalah aplikasi yang menawarkan tutorial dalam menggambar karakter kartun. Mempelajari bagaimana menggambar kartun bisa jadi menyenangkan dan mudah, dengan petunjuk dan instruksi sederhana dari aplikasi ini. Ikuti saja tutorial menggambar yang mudah dan Anda akan mendapatkan gambar kartun yang hebat.

Fitur:
· Lihat tutorial tentang cara menggambar alien
· Cara menggambar manusia gua
· Belajar menggambar tikus
· Buat gambar kartun sederhana dari kupu-kupu
· Cara menggambar kura-kura kartun lucu
· Petunjuk tentang cara menggambar ular
· Cara menarik untuk menggambar seekor anjing kartun
· Cara menggambar kadal kartun
· Cara menggambar kartun kucing
· Cara menggambar karakter kunang-kunang kartun
· Cara menggambar kelinci dan beruang