Seputar Tekno

5 Alasan menggunakan Android Studio

Android Studio Tutorials and Posts at DerekKier.com

Sebagian orang sudah mengetahui bila Eclipse telah lama dibuat dan didukung untuk membuat berbagai aplikasi Android. Namun karena perkembangan zaman yang semakin canggih ini, para Developer Android mulai berpindah ke IDE (Integrated Development Environment) yang baru seperti Android Studio.

Android Studio Tutorials and Posts at DerekKier.com

Pada akhir tahun 2014, perusahaan raksasa Google merilis IDE pengembangan aplikasi Android yang semakin mapan yakni Android Studio. Bersamaan dengan kabar tersebut, Google juga menyebutkan bawa mereka tidak akan mendukung Eclipse lagi. Jadi, bagi para developer yang masih menggunakan Eclipse, Google menyarankan untuk segera menggantinya ke Android Studio.

Android Studio dipilih Google sebagai IDE resminya karena memiliki banyak fitur yang memudahkan para pembuat program terutama untuk programmer lever awal. Selain itu, Android Studio juga memiliki banyak library yang sudah siap digunakan. Walaupun IDE baru itu lebih banyak menghabiskan memori, namun kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan fitur-fitur seperti dibawah ini:

1. Instant Run
Fitur baru yang dimiliki Android Studio ini memungkinkan Anda untuk melakukan compile dan run program lebih cepat. Pada fitur Instant Run, Android Studio awalnya melakukan compile dan run program lebih lama namun untuk selanjutnya proses akan lebih cepat. Hal ini disebabkan karena Android Studio tidak membuat file APK ulang, ia hanya mengaplikasikan perubahan dari hasil file APK sebelumnya. Tapi, fitur Instant Run dapat berjalan apabila para programmer menggunakan versi Gradle 2.0.0 atau lebih dan versi SDK 15 atau lebih.

2. Auto Completion
Dengan fitur tersebut, Android Studio menjadi IDE code editor yang pintar karena secara otomatis akan menampilkan saran code yang ingin Anda ketik. Selain itu, IDE baru ini memiliki analisa code yang handal serta dapat melakukan refactoring. Berkat fitur-fitur ini. Android Studio dapat mempercepat waktu pembuatan program sehingga kinerja menjadi lebih produktif.

3. Sistem Build yang Fleksibel
Pada fitur ini, para developer dimanjakan dengan kemudahan dalam melakukan build aplikasi Android. Apabila Anda melakukan compile dan menjalankan aplikasi, file APK secara otomatis terbentuk sehingga para programmer tidak perlu repot lagi untuk build aplikasi kembali. Selain itu aplikasi yang sudah Anda build juga dapat diberikan signature.

4. Mampu membuat aplikasi untuk semua perangkat Android
Dengan IDE baru Android Studio, Anda tidak hanya dapat membuat aplikasi untuk handphone saja melainkan Anda juga bisa membuat aplikasi Android yang berjalan di Smartwatch, tablet, TV Android bahkan Auto Android.

5. Layout Editor lebih Poweful
Menjadi kelebihan Android Studio selanjutnya yang memiliki layout editor powerful dan handal. Fitur Auto complete-nya sudah aktif secara default dan sangat akurat. Jika tampilan aplikasi di Eclipse dalam bentuk XML, Anda harus butuh pindah tab antara kode XML namun bila di Android Studio, Anda tak perlu khawatir karena tersedia fitur preview tampilan pada aplikasi Anda.