Berita

4 Printer Inkjet Terbaru Canon Siap Gemparkan Pasaran!

Bagi Sobat yang bergelut dengan perkantoran yang sering cetak dokumen ataupun file, mungkin berita ini akan menjadi angin segar untuk Anda. Bagaimana tidak jika Canon kembali menghadirkan printer inkjet terbaru dari seri Pixma Ink Efficient G yakni G1010, G2010, G3010 dan G4010. Keempat printer ini ditujukan untuk orang-orang dengan kebutuhan cetak tinggi seperti di sekolah dan kantor, membuat aktivitas pencetakan menjadi lebih efisien. Jadi tidak heran bila 4 printer inkjet terbaru Canon siap gemparkan pasaran printer tahun 2018.

Menurut Marcellinus Lirus selaku Marketing Executive Canon PT. Datacrip saat peluncuran printer terbaru Pixma Ink Efficient G series di wilayah Jakarta, Selasa (30/1/2018) mengatakan bahwa printer Seri G lebih ditujukan untuk orang-orang percetakan berat, banyak mencetak seperti kantor dan sekolah, jadi sesuai dengan kebutuhan seperti itu, karena akan cepat kering seperti pencetakan di rumah. (Baca Juga: Perbedaan Printer Inkjet & Laser)

Keempat printer ini dilengkapi dengan sistem tangki isi ulang tinta, sehingga biaya pencetakan per lembar bisa lebih murah. Diklaim, satu botol tinta isi ulang dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan, bisa mencetak hingga 7 ribu halaman warna dan 6 ribu dokumen hitam putih. Karena itu, printer ini dianggap ideal bagi konsumen yang mencetak dokumen dalam jumlah banyak setiap hari.

Khusus untuk G2010 dan G3010, sudah dilengkapi LCD berukuran 1,2 inci, sehingga memudahkan proses copy. Selain itu, foto hasil cetak pada keempat printer ini diklaim cukup memuaskan karena menggunakan sistem tinta Canon hybrid yang telah diupdate. Kombinasi tinta pigmen hitam dan warna pewarna, dinilai bisa menghasilkan kualitas cetak dokumen yang tajam dan foto cetakan dengan warna yang bagus.

Cetak Menggunakan Aplikasi
Pengguna hanya memerlukan waktu lebih dari 60 detik untuk mendapatkan foto 4R dengan kualitas cetak tanpa batas yang tinggi. Printer G Series juga bisa mencetak dengan ukuran 5×5 inci hingga A4 dengan menggunakan kertas foto glossy, matte atau stiker. Selain itu, ada berbagai fitur pendukung lainnya seperti aplikasi My Image Garden, Easy-PhotoPrint+ dan PosterArtis Lite yang menyediakan lebih dari 1.300 template, foto dan clip art gratis.

Aplikasi Message in Print dapat digunakan untuk membuat tampilan foto tercetak semakin menarik karena pengguna dapat menambahkan pesan pribadi berupa teks, musik atau animasi video. Namun sayangnya, Message in Print hanya tersedia untuk perangkat berbasis iOS.

Dari empat printer tersebut hanya ada dua yang memiliki teknologi nirkabel yaitu H3010 dan G4010. Pengguna kedua printer tersebut dapat memanfaatkan fitur ini untuk mencetak langsung dari aplikasi Canon Print Inkjet atau Selphy yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

 

Sementara itu, Pixma G4010 dilengkapi dengan Automatic Document Feeder (ADF), sehingga pengguna dapat menarik hingga 20 lembar dokumen untuk dipindai secara otomatis ke format JPEF atau PDF. Selain mencetak, G2010, G3010 dan G4010 dapat diaktifkan untuk pemindaian dan fotokopi.

Peluncuran di Pasar dan Harga
Pixma Ink Efficient G1010, G2010, G3010 dan G4010 akan mulai dijual pada pertengahan atau akhir Februari 2018. Saat ini, Canon masih fokus memasarkan printer seri G sebelumnya. Dikutip dari kata Marcellinus, perusahaan sedang dalam proses pemasaran, karena mereka juga masih memiliki beberapa model di toko, dan setelah itu, sekitar pertengahan hingga akhir Februari, siap untuk semua seri ini.

Keempat printer tersebut dijual dengan harga bervariasi. Pixma Ink Efficient G1010 dijual seharga Rp 1,859.000, G2010 Rp 2.277.000, G3010 Rp 2,995.000 dan G4010 Rp 4.013.000. Untuk tinta, GI-790 dibanderol Hitam Rp 113.300 dan untuk Cyan, Magenta dan Kuning Rp 110.000. Sayangnya, Marcellinus enggan memerinci unit yang disediakan untuk penjualan awal bulan depan. Menurutnya, bisa ada cukup banyak jumlah unit yang ada di pasaran.