Seputar Tekno

4 Penyebab Virus Masuk ke Smartphone dan Laptop

Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi seperti misalnya smartphone dan laptop yang semakin pesat mendorong setiap individu selalu beraktivitas dengan mudah melalui teknologi. Namun belakangan ini virus komputer seakan menjadi momok menyeramkan yang akan merusak aktivitas para pengguna teknologi. Virus komputer menyebar kemana-mana baik itu melalui internet file maupun flashdisk. Maka ketahuilah 4 penyebab virus masuk ke smartphone dan laptop Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Antivirus terbaik
– 4 penyebab virus masuk ke smartphone dan laptop

Tidak hanya laptop yang memiliki beberapa jenis antivirus terbaik, karena ada juga antivirus terbaik untuk Android seperti misalnya AVG antivirus yang bisa menjadi tameng agar si virus tidak masuk dan merusak data yang ada di laptop dan smartphone Anda. Di bawah ini adalah 4 penyebab virus masuk ke smartphone dan laptop yang perlu Anda ketahui:

1. Memasukkan flash yang terinfeksi virus
Ini adalah hal yang paling umum yang menjadi jalan masuk si virus. Maka dari itu, Anda diminta berhati-hati dalam memasukkan flashdisk ke laptop Anda maupun laptop siapa pun. Anda harus memiliki antivirus di laptop untuk pencegahan dini dan juga diharuskan sering untuk memperbarui antivirus tersebut. Dan jika Anda menemukan flashdisk yang tergeletak di jalan, lebih baik Anda mencoba masuk ke laptop atau komputer yang tidak digunakan lagi sebagai bahan percobaan untuk mengidentifikasi apakah flashdisk tersebut memiliki virus atau tidak.

Saat ini, banyak orang yang menggunakan USB OTG sebagai sarana alternatif ketika memori internal smartphone mulai penuh yang bisa dipindahkan sebagai backup ke USB OTG. Namun, dilansir dari Detik.com, USB OTG pun bisa menjadi jalan masuk virus ketika USB OTG storage sering dikoneksikan ke PC yang mengandung virus. Sehingga ada kemungkinan storage tersebut terkena dampaknya, akan tetapi biasanya tidak berpengaruh pada smartphone itu sendiri.

2. Membuka lampiran email (attachments)
Anda harus berhati-hati dengan email masuk yang Anda tidak tahu atau tidak kenal, jika Anda menemukan email di kotak masuk email (inbox) Anda dan memiliki attachments, Anda sebaiknya mengabaikannya dan tidak membukanya. Attachments tersebut biasanya berisi file-file tertentu, pengirimnya saja tidak Anda ketahui tentu file-file tersebut mencurigakan bukan? Jadi jangan mengeksekusi file di laptop Anda, bisa jadi file tersebut mengandung virus yang dapat merugikan Anda.

3. Jarang memperbarui antivirus
Memperbarui antivirus yang Anda miliki sangat penting dilakukan, hal ini berguna untuk menghindari virus nakal masuk ke laptop Anda. Perlu Anda ingat bahwa pembuat virus harus memperkuat virus agar lebih mudah masuk ke dalam laptop mangsanya. Jadi untuk mendapatkan perlindungan yang tepat untuk laptop yang Anda miliki, jangan pernah malas untuk memperbarui antivirus yang ada dilaptop yaa Sobat.

4. Mengunduh software (perangkat lunak) yang terinfeksi
Ketika Anda mengunduh perangkat lunak yang Anda butuhkan, jangan mengunduh atau mendownload langsung software tersebut. Sangat perlu untuk Anda pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat lunak itu asli dan dari sumber terpercaya, karena jika perangkat lunak tidak jelas di mana sumbernya, kemungkinan perangkat lunak tersebut telah terinfeksi virus yang berniat merusak laptop Anda.

Itulah tadi pembahasan 4 penyebab bagaimana si virus bisa masuk ke laptop dan smartphone Anda. Ingatlah, dalam menggunakan laptop Anda harus berhati-hati bahwa data penting pada laptop Anda tetap aman dan terhindar dari virus perusak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda untuk menghindari virus perusak yang saat ini telah berkembang biak.