ApplicationSeputar Tekno

10 Aplikasi Android Terbaik untuk Berolahraga

Kini olahraga bukan lagi aktivitas yang hanya dilakukan sebagian orang saja, tetapi sudah menjadi gaya hidup kebanyakan orang. Dan di zaman yang serba canggih ini Anda tidak lagi diharuskan untuk datang ke pusat kebugaran, karena Anda dapat melakukannya sendiri di rumah menggunakan Android. Berikut 10 aplikasi android terbaik untuk berolahraga.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Manfaat olahraga
– 10 aplikasi android terbaik untuk berolahraga

Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Banyaknya pusat kebugaran yang sukses membuat orang berbondong-bondong rutin melakukan kegiatan yang satu ini, walaupun dengan tujuan yang berbeda-beda karena ada yang murni keinginan untuk hidup sehat dan ada saja yang ingin eksis alias pamer di media sosial.

Berolahraga, terutama fitness yang populer beberapa tahun lalu ternyata juga membutuhkan anggaran. Semakin baik pusat fitness dan fasilitas yang ditawarkan, tentu semakin mahal biaya yang harus Anda keluarkan untuk bergabung di tempat fitness tersebut. Namun, saat ini dengan bermodalkan smartphone atau gadget Android, Anda bisa melakukan fitness yang tentunya tidak harus merogoh kocek besar.

Untuk itu, di bawah ini 10 aplikasi android terbaik untuk olahraga yang bisa Anda ketahui:

1. Google Fit – Fitness Tracking
Rasanya tidak perlu lagi meragukan aplikasi yang dibuat oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google. Aplikasi bernama Google Fit ini akan secara otomatis memantau aktivitas Anda saat memegang ponsel Android Anda. Aplikasi ini juga akan memberikan saran bagi Anda untuk berlari, berjalan atau berkendara sesuai kebutuhan setiap hari. Dikutip dari Detik.com, selain gratis dan simpel aplikasi besutan Google ini dapat tersinkronisasi dengan perangkat Android Wear juga Loh.

2. Couch to 5K by RunDouble
Aplikasi Couch to 5K by RunDouble digunakan untuk membantu Anda mencapai target yang Anda buat, dalam hal ini untuk berlari sejauh 5 kilometer dalam batas waktu yang Anda tentukan. Aplikasi ini akan memberikan data yang membantu Anda mencapai target yang telah Anda tentukan.

3. Endomondo Running & Walking
Aplikasi Endomondo Running & Walking bekerja sama dengan salah satu apparel olahraga ternama, Under Armor. Aplikasi ini akan memberi Anda berbagai data seputar aktivitas harian seperti berjalan kaki, jarak lari, dan juga jumlah kalori Anda.

4. 7 Minute Workout
Aplikasi 7 Minute Workout tercipta dari hasil penelitian dan eksperimen McMaster University di Kanada. 7 Minute Workout aplikasi yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dan sedikit waktu luang untuk berolahraga karena Anda hanya perlu meluangkan waktu tujuh menit saja untuk berolahraga. Selain itu, aplikasi ini menyediakan berbagai tutorial latihan untuk beberaoa bagian tubuh seperti lengan, perut, dan lain sebagainya.

5. RunKeeper
Bagi Anda yang gemar olahraga lari, tidak ada salahnya mencoba salah satu aplikasi olahraga ini. RunKeeper adalah sebuah aplikasi yang merancang program lari mulai dari penjadwalan, rute, data statistik ketika Anda berlari. Selain itu, aplikasi RunKeeper juga mencatat semua informasi kesehatan Anda secara lengkap. (Baca Juga: Review Samsung Gear Fit2: Tampil Bergaya Sekaligus Canggih)

6. Pocket Yoga
Untuk para pencinta olahraga yoga, mungkin aplikasi Pocket Yoga bisa menjadi solusi Anda melakukan yoga di rumah. Pocket Yoga akan memberikan Anda instruktur virtual yang pastinya akan mengajarkan Anda gerakan yang benar. Menariknya, aplikasi ini menyediakan hingga 200 pose yoga yang bisa Anda pelanjari dan lakukan sendiri di rumah.

7. Water Drink Reminder
Apapun olahraga yang Anda lakukan. ingatlah untuk selalu memperhatikan asupan tubuh, salah satunya yakni cairan. Bagi Anda yang malas minum (terutama air putih), berarti Anda benar-benar memerlukan aplikasi yang satu ini. Water Drink Reminder adalah aplikasi yang akan memantau dan mengontrol kebiasaan minum Anda menjadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

8. Carolie Counter MyFitnessPal
Carolie Counter MyFitnessPal adalah aplikasi yang membantu menjaga pola makan Anda. Aplikasi ini memiliki database besar lebih dari lima juta jenis makanan. Aplikasi Carolie Counter MyFitnessPal akan mendeteksi tingkat kalori di setiap makanan yang Anda konsumsi melalui barcode, dan tentunya memberi Anda rekomendasi jika kalorinya sudah terlalu besar.

9. Ingress
Ingress adalah sebuah aplikasi bertema game, yang membuat peta virtual berisi tantangan dan item-item tersembunyi di berbagai tempat, aplikasi ini mengajak Anda untuk menjelajahi lingkungan dengan berjalan kaki atau berlari, yang tentunya baik untuk kesehatan Anda, selama tetap berhati-hati di jalan.

10. Instant Heart Rate
Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidaklah baik, termasuk juga dalam olahraga. Anda yang aktif dalam semua kegiatan olahraga tanpa memberi jeda atau istirahat untuk tubuh, hal ini juga tidaklah baik dan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Aplikasi Instant Heart Rate dibuat untuk mengetahui batas-batas tubuh Anda melalui aktivitas detak jantung. Aplikasi ini akan mendeteksi dan memberi tahu Anda kapan pun tubuh Anda membutuhkan istirahat.

Itulah tadi, 10 aplikasi Android terbaik untuk berolahraga. Kesehatan merupakan hal yang paling berharga Sobat. Selamat mencoba dan Salam Sehat Sobat.